Inggris Siapkan Regulasi Baru untuk Dunia Crypto, Apa Saja Isinya?

Inggris Siapkan Regulasi Baru untuk Dunia Crypto, Apa Saja Isinya?

Pemerintah Inggris telah merampungkan pendekatan regulasi terhadap industri crypto dan stablecoin. Regulasi ini akan diterapkan dalam beberapa tahap, dimulai dengan pengawasan stablecoin yang didukung oleh mata uang fiat oleh otoritas pengawas keuangan. Seperti apa detail isi regulasi baru tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Regulasi Tahap Pertama: Stablecoin

regulasi tahap pertama inggris
Sumber: Foreign Policy

Dalam tahap pertama, tujuan utama pemerintah adalah memfasilitasi dan mengatur penggunaan stablecoin yang didukung oleh mata uang fiat dalam rantai pembayaran di Inggris. Pendekatan ini mengakui potensi mereka untuk menjadi metode pembayaran ritel yang umum.

Stablecoin yang didukung oleh mata uang fiat didefinisikan sebagai yang berusaha mempertahankan nilai stabil dengan merujuk pada satu atau lebih mata uang fiat yang ditentukan.

Selain itu, pemerintah tidak akan mengakui stablecoin yang tidak didukung oleh mata uang fiat tradisional. Regulasi pada tahap ini akan mencakup Payment Services Regulations 2017 dan aktivitas yang melibatkan penerbitan dan penyimpanan stablecoin yang didukung oleh fiat dalam Financial Services and Markets Act 2000.

FCA akan memiliki pengawasan utama atas semua aktivitas yang terkait dengan stablecoin, dengan PSR dan bank sentral memberikan pengawasan tambahan jika diperlukan. Pendekatan ini bertujuan untuk mengurangi potensi kerugian bagi konsumen dan mengurangi risiko yang terkait dengan penggunaan mereka dalam transaksi.

Baca Juga: Inggris Dominasi Pasar Crypto di Eropa, Transaksi Capai $252 Miliar

Regulasi Tahap Kedua: Crypto Asset

regulasi crypto FCA
Sumber: PYMNTS

Pada tahap kedua, Inggris akan memperluas kerangka regulasi untuk mencakup berbagai aktivitas crypto-asset di negara tersebut. Tahap ini mencakup regulasi aktivitas pertukaran, aktivitas penyimpanan, aktivitas pinjaman, dan penyalahgunaan pasar. Pendekatan bertahap ini bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi perusahaan yang berfokus pada aspek-aspek berbeda dari aktivitas crypto-asset.

Pemerintah akan fokus pada pengaturan aktivitas yang terkait dengan crypto asset, seperti perdagangan, penyimpanan, dan pinjaman, untuk menciptakan kerangka regulasi yang komprehensif.

Inggris berniat merumuskan langkah-langkah kesetaraan untuk perusahaan luar negeri yang beroperasi di negara tersebut, seperti bursa crypto. Ini termasuk kemungkinan untuk tempat perdagangan yang diatur di luar negeri untuk mengajukan izin untuk cabang mereka di Inggris, dengan FCA yang mengawasi proses tersebut.

Publikasi kerangka regulasi final ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan Inggris menuju penegakan diri sebagai tujuan global terkemuka untuk bisnis crypto-asset. Dengan peta jalan yang jelas, industri crypto dan pemangku kepentingan dapat mengantisipasi lingkungan yang terdefinisi dengan baik dan diatur dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: