Inggris Luncurkan Sandbox Sekuritas Digital untuk Pertumbuhan Keuangan

author:

Inggris Luncurkan Sandbox Sekuritas Digital untuk Pertumbuhan Keuangan

Pemerintah Inggris baru-baru ini mengumumkan peluncuran Digital Securities Sandbox (DSS), sebuah inisiatif yang dirancang untuk mendorong adopsi aset digital dalam pasar keuangan. Dengan beroperasi pada kuartal pertama 2024, DSS diharapkan dapat memfasilitasi pembentukan dan operasi infrastruktur pasar keuangan yang penting.

DSS, Langkah Maju untuk Sektor Keuangan Digital

DSS merupakan bagian dari upaya pemerintah Inggris untuk memperkuat reputasinya sebagai pusat inovasi keuangan. Dengan DSS, berbagai aset, termasuk sekuritas digital dan representasi digital dari instrumen tradisional, dapat diintegrasikan ke dalam aktivitas pasar keuangan.

Baca juga: PayPal Mendobrak Pasar Inggris: Lisensi Crypto Baru yang Bisa Mengubah Permainan

Dina White, General Counsel di Zodia Markets, menekankan pentingnya DSS dalam evolusi industri sekuritas. DSS berbeda dengan Digital Sandbox yang diluncurkan oleh Financial Conduct Authority (FCA) pada Agustus lalu.

Jika Sandbox FCA berfokus pada mendukung perusahaan di tahap awal pengembangan produk digital, DSS akan beroperasi di bawah aturan baru yang khusus untuk sekuritas digital.

DSS, Membuka Peluang Baru bagi Industri Keuangan

inggris luncurkan sandbox digital
Sumber: Yahoo Finance

DSS memungkinkan perusahaan untuk mendirikan infrastruktur pasar keuangan menggunakan teknologi aset digital dalam kerangka hukum dan regulasi yang sementara diubah. Pendekatan ini menunjukkan sikap proaktif pemerintah Inggris dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi di sektor keuangan.

DSS akan diaktifkan melalui instrumen statutoris, mekanisme hukum yang memungkinkan aktivasi Undang-Undang Parlemen tanpa memerlukan legislasi baru. Metode ini menunjukkan agilitas pemerintah dalam merespons kebutuhan pasar keuangan yang terus berkembang.

Baca juga: Inggris Bertekad Pimpin Revolusi Metaverse dengan Web3! Apa Rencana Kedepannya?

DSS, Membangun Masa Depan Industri Keuangan

DSS diharapkan dapat memfasilitasi ekspansi sektor aset digital di Inggris. Eva Gustavsson, Kepala Urusan Publik di Copper, memuji rencana pemerintah, mengakui potensinya untuk mendorong solusi unik dalam lingkungan yang terkontrol.

Dengan DSS, Inggris berkomitmen untuk tidak hanya mengikuti, tetapi juga memimpin revolusi teknologi keuangan global. Inisiatif ini menandai momen penting bagi sektor aset digital Inggris, menandakan komitmen pemerintah yang kuat untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan di pasar keuangan digital.

Secara keseluruhan, Ppluncuran DSS oleh pemerintah Inggris menandai era baru dalam pengembangan teknologi keuangan. Dengan komitmen kuat ini, Inggris berada di garis depan inovasi aset digital, memperkuat posisinya sebagai pemimpin global dalam inovasi aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: