Pengadilan Inggris Resmi Menetapkan Craig Wright Bukan Satoshi Nakamoto!

author:

Pengadilan Inggris Resmi Menetapkan Craig Wright Bukan Satoshi Nakamoto!

Dalam putusan yang sangat ditunggu-tunggu, pengadilan Inggris telah memutuskan bahwa Craig Wright, ilmuwan komputer asal Australia yang telah mengklaim dirinya sebagai Satoshi Nakamoto sejak 2016, bukanlah pencipta Bitcoin.

Putusan ini mengakhiri spekulasi yang telah berlangsung lama tentang identitas sebenarnya dari tokoh misterius di balik mata uang digital paling berharga di dunia.

Bukti Kuat Menentang Klaim Wright

craig wright
Craig Wright – Sumber: Bloomberg

Hakim James Mellor, dalam putusannya, menegaskan bahwa bukti yang disajikan selama persidangan menunjukkan secara meyakinkan bahwa Wright bukanlah Nakamoto.

Baca juga: Siapa itu Satoshi Nakamoto, Sosok Penemu Bitcoin?

Persidangan ini diawali dengan argumen penutup pada 12 Maret 2024 di London, sebagai bagian dari gugatan yang diajukan oleh Crypto Open Patent Alliance (COPA) terhadap Wright.

COPA berusaha mendapatkan perintah pengadilan untuk mencegah Wright lebih lanjut mengklaim sebagai Nakamoto, mengingat tuduhan pemalsuan dokumen besar-besaran yang dilakukan Wright untuk mendukung klaimnya. Menurut pengajuan penutupan COPA:

“Dr. Wright telah terbukti berbohong dalam skala yang luar biasa. […] Dia telah menciptakan seluruh sejarah biografi, menghasilkan satu demi satu dokumen palsu untuk mendukungnya.”

Persidangan ini menyoroti upaya Wright yang gagal untuk meyakinkan komunitas kripto dan hukum tentang klaimnya.

Pentingnya Putusan Ini bagi Komunitas Kripto

Putusan ini memiliki implikasi signifikan bagi komunitas kripto, mengingat Wright telah mengajukan sejumlah gugatan hukum terhadap pengembang dan perusahaan terkait Bitcoin, mengklaim hak cipta atas whitepaper Bitcoin dan versi awal perangkat lunak Bitcoin.

COPA, yang didirikan pada tahun 2020 untuk mendorong adopsi dan kemajuan teknologi kripto serta menghilangkan paten sebagai penghalang terhadap pertumbuhan dan inovasi, telah memainkan peran penting dalam membela komunitas kripto dari klaim Wright.

Baca juga: Misteri Satoshi Nakamoto Terungkap, Ini Penjelasannya!

Dampak Jangka Panjang Putusan Ini

Putusan ini tidak hanya membersihkan udara mengenai klaim Wright tetapi juga menegaskan kembali prinsip dasar komunitas kripto tentang transparansi, kolaborasi, dan inovasi terbuka.

Dengan menghilangkan salah satu sumber kontroversi yang paling menonjol, komunitas kripto sekarang dapat fokus pada pengembangan dan adopsi teknologi blockchain dan mata uang digital tanpa gangguan hukum yang tidak perlu.

Putusan ini juga menegaskan kembali pentingnya integritas dan kejujuran dalam komunitas kripto, mengingatkan semua pihak tentang nilai-nilai inti yang mendorong inovasi dan pertumbuhan di ruang ini.

Dengan menolak klaim Wright, pengadilan telah mengirimkan pesan yang jelas bahwa komunitas kripto akan terus melindungi dan mempertahankan prinsip-prinsip ini dari serangan yang tidak berdasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: