Inggris Berlakukan Aturan Baru untuk Sita Kripto ‘Kotor’

Inggris Berlakukan Aturan Baru untuk Sita Kripto ‘Kotor’

Pemerintah Inggris telah memperkenalkan undang-undang baru yang memungkinkan penegak hukum untuk menyita dan membekukan aset mata uang kripto yang diduga digunakan untuk kegiatan kriminal tanpa memerlukan putusan pengadilan.

Amandemen Undang-Undang Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan 2023, yang mulai berlaku pada tanggal 26 April, memberikan Badan Kejahatan Nasional kewenangan yang lebih luas untuk menyita aset digital dari bursa dan kustodian jika dianggap terkait dengan transaksi ilegal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peraturan Baru untuk Menanggulangi Kejahatan Kripto

regulasi crypto inggris baru
Sumber: Paybito

Peraturan tersebut bertujuan untuk mengekang penggunaan mata uang kripto dalam kejahatan dunia maya, penipuan, dan perdagangan narkoba. Pihak berwenang sekarang dapat menyita aset tanpa melakukan penangkapan, mencegah penjahat yang beroperasi di luar negeri untuk menghindari hukuman.

Perubahan tersebut terjadi di tengah dorongan pemerintah Inggris untuk peraturan kripto yang lebih jelas, dengan rencana untuk memperkenalkan aturan tentang stablecoin dan staking dalam waktu enam bulan, menurut Sekretaris Ekonomi Bim Afolami.

Baca Juga: OANDA Luncurkan Platform Perdagangan Crypto di Inggris: Gebrakan Baru di Pasar Keuangan!

Dampak terhadap Industri Kripto di Inggris

Peraturan baru tersebut diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap industri kripto di Inggris. Bursa dan kustodian kripto sekarang harus lebih berhati-hati dalam memantau transaksi dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

Kegagalan untuk mematuhi peraturan baru dapat mengakibatkan denda yang besar atau bahkan pencabutan izin usaha. Beberapa perusahaan kripto mungkin memilih untuk meninggalkan Inggris sama sekali, yang dapat menghambat pertumbuhan industri kripto di negara tersebut.

Kesimpulan

Pemerintah Inggris telah memperkenalkan undang-undang baru yang memungkinkan penegak hukum untuk menyita dan membekukan aset mata uang kripto yang diduga digunakan untuk kegiatan kriminal tanpa memerlukan putusan pengadilan.

Peraturan tersebut bertujuan untuk mengekang penggunaan mata uang kripto dalam kejahatan dunia maya, penipuan, dan perdagangan narkoba. Perubahan tersebut terjadi di tengah dorongan pemerintah Inggris untuk peraturan kripto yang lebih jelas, dengan rencana untuk memperkenalkan aturan tentang stablecoin dan staking dalam waktu enam bulan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi