Rekor Baru di Dunia Crypto: Inflow Produk Investasi Mencapai $2,9 Miliar dalam Sepekan!

author:

Rekor Baru di Dunia Crypto: Inflow Produk Investasi Mencapai $2,9 Miliar dalam Sepekan!

Dunia crypto baru saja menyaksikan sebuah fenomena luar biasa dengan inflow produk investasi mencapai angka rekor $2,9 miliar dalam satu minggu saja.

Angka ini melampaui rekor sebelumnya sebesar $2,7 miliar, menandakan semakin besarnya minat investor terhadap aset digital. Fenomena ini tidak hanya mengejutkan pasar tetapi juga menegaskan posisi crypto sebagai aset investasi yang semakin diakui.

Lonjakan Inflow Produk Bitcoin Spot di AS

Sumber: CoinShares

Produk investasi Bitcoin spot di Amerika Serikat mencatat inflow mingguan rekor dengan penambahan aset baru sebesar $2,9 miliar.

Baca juga: Harga Bitcoin Diprediksi Capai $15.000 dan Ethereum Tembus $8.000 Pada Akhir 2024!

Menurut laporan dari CoinShares (18/3/24), total inflow tahun ini telah mencapai $13,2 miliar, dengan nilai Bitcoin yang berada di bawah pengawasan kini mencapai $74,61 miliar. Produk Bitcoin menyumbang 97% dari total inflow tersebut.

Meskipun inflow ETF mencapai rekor tertinggi, harga Bitcoin mengalami penurunan sebesar 7% dalam seminggu terakhir, diperdagangkan sekitar $67.418 pada saat publikasi.

Situasi ini menarik karena menunjukkan dinamika pasar yang unik, di mana inflow besar tidak selalu langsung berdampak pada peningkatan harga.

Distribusi Regional dan Reaksi Pasar

Sumber: CoinShares

Di luar Amerika Serikat, produk bursa crypto mengalami outflow rekor, dengan investor menarik $738 juta dari produk bursa Bitcoin di bursa Jerman, Kanada, dan Swedia, sebagian besar beralih ke produk serupa di AS.

ETF Bitcoin di AS, yang dikenakan biaya pengelolaan serendah 0%, telah menarik lebih dari 80% pangsa pasar ETF Bitcoin spot sejak disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada Januari.

Kepopuleran ETF Bitcoin telah mendorong regulator di negara lain seperti Otoritas Pengawas Keuangan Inggris (FCA) dan Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) untuk melunakkan sikap mereka terhadap produk serupa. Ini menunjukkan tren global menuju penerimaan yang lebih luas terhadap produk investasi crypto.

Baca juga: Gebrakan di Pasar Keuangan Inggris: FCA Longgarkan Kendali atas ETP Crypto!

Kontraksi pada Platform Smart Contract

Sumber: CoinShares

Meskipun inflow keseluruhan mencatat rekor, platform smart contract seperti Ethereum, Solana, dan Polygon mengalami outflow.

Ethereum melihat outflow sebesar $14 juta, Solana $2,7 juta, dan Polygon $6,8 juta keluar dari ekosistem mereka melalui dana. Ini menunjukkan bahwa minat investor mungkin bervariasi tergantung pada aset dan produk investasi tertentu.

Volume perdagangan mingguan tetap stabil di $43 miliar, menyumbang hampir setengah dari volume perdagangan Bitcoin global.

Produk bursa diperdagangkan global (ETP) mencapai tonggak sejarah, melewati tanda $100 miliar untuk pertama kalinya, meskipun koreksi harga kemudian menyebabkan nilai tersebut menetap di $97 miliar.

Secara keseluruhan, inflow rekor ke dalam produk investasi crypto menandakan era baru dalam penerimaan aset digital sebagai bagian dari portofolio investasi mainstream.

Meskipun terdapat fluktuasi harga dan dinamika pasar yang kompleks, minat yang terus meningkat dari investor menunjukkan kepercayaan yang kuat pada potensi jangka panjang crypto.

Dengan semakin banyaknya regulator yang mengadopsi sikap yang lebih terbuka, masa depan investasi crypto tampak semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: