Laporan Terbaru, Inflow Produk Investasi Aset Digital Minggu Lalu Sentuh Rp2 Triliun!

author:

Laporan Terbaru, Inflow Produk Investasi Aset Digital Minggu Lalu Sentuh Rp2 Triliun!

Dilansir dari Decrypt (17/7/23), produk investasi aset digital mengalami arus masuk sebesar $137 juta (Rp2 triliun) pada pekan lalu, menjadi $742 juta (Rp11 triliun) yang mengesankan. Ini menandai arus masuk terbesar sejak kuartal terakhir 2021, menurut laporan mingguan dari CoinShares, perusahaan manajemen aset digital Eropa. Selain itu, volume perdagangan untuk produk investasi crypto tercatat terus melampaui rata-rata tahunan sebesar $1,4 miliar.

Arus Masuk Produk Investasi Aset Digital

Baru-baru ini, laporan mingguan CoinShares memberikan gambaran singkat tentang arus masuk dan keluar investasi dalam produk yang diperdagangkan di bursa (ETP), dana bersama, dan trust over-the-counter (OTC) yang terkait dengan crypto seperti Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya. Minggu lalu, volume perdagangan mencapai $2,3 miliar, menunjukkan aktivitas yang kuat di sektor ini.

Baca juga: Sebuah Lompatan Besar: ETF Bitcoin Pertama Eropa Segera Hadir Setelah Penundaan Setahun!

arus masuk aset digital
Data 14 Juli 2023 – Sumber: CoinShares

Seperti yang dicatat oleh James Butterfill, kepala penelitian di Coinshares, volume ini juga mewakili proporsi yang lebih besar dari total volume perdagangan crypto, mencapai 11% minggu lalu, jauh lebih tinggi dari rata-rata 2%.

Lebih lanjut, arus masuk ini menunjukkan minat yang kuat dari investor dalam produk investasi aset digital. Dengan peningkatan arus masuk ini, pasar aset digital terus menunjukkan pertumbuhan dan penerimaan yang kuat di kalangan investor.

Bitcoin Mendominasi Aktivitas Investor

laporan bitcoin ark invest

ProShares’ Bitcoin Strategy ETF (BITO), ETF futures Bitcoin pertama di AS yang diluncurkan pada Oktober 2021, melihat arus masuk terbesar sebesar $109 juta ketika dana mencapai $1 miliar dalam total aset yang dikelola.

Di tengah lonjakan harga minggu lalu, produk investasi Bitcoin jangka pendek mengalami minggu ke-12 berturut-turut dari arus keluar, dengan total $3,2 juta. Periode panjang ini dari arus keluar telah menyebabkan penurunan signifikan dalam total aset yang dikelola untuk produk Bitcoin jangka pendek, jatuh dari puncak $198 juta pada April 2023 menjadi hanya $55 juta minggu lalu.

Sementara itu, meskipun Ethereum juga telah melihat apresiasi harga, hal itu tidak disertai dengan arus masuk, catatan laporan. Minggu lalu, crypto terbesar kedua di industri ini mengalami arus keluar sebesar $2 juta, mempertahankan statusnya sebagai aset dengan arus keluar tertinggi sepanjang tahun hingga saat ini.

Baca juga: CoinShares: Inflow Bitcoin Sentuh Rp4,6 Triliun, BTC Jadi Sorotan Utama Investor!

Tren Geografis dalam Arus Masuk Produk Investasi Aset Digital

Secara geografis, mayoritas besar dari total $137 juta arus masuk ke dalam produk investasi aset digital terkonsentrasi di Amerika Utara, dengan AS menyaksikan arus masuk total sebesar $109 juta dan Kanada melihat arus masuk sebesar $28 juta.

Sebaliknya, Eropa melihat arus keluar minor dalam produk investasi aset digital, menunjukkan sentimen yang lebih hati-hati atau potensi pengambilan keuntungan di antara investor di wilayah tersebut. Namun, Swiss menonjol sebagai pengecualian, mencatat arus masuk minor ke dalam produk investasi aset digital, menambahkan laporan tersebut.

Tren ini menunjukkan bahwa Amerika Utara, khususnya Amerika Serikat dan Kanada, terus menjadi pusat utama aktivitas investasi aset digital. Sementara itu, Eropa tampaknya lebih berhati-hati, dengan beberapa negara seperti Swiss masih melihat arus masuk.

Pada akhirnya, arus masuk yang signifikan ke dalam produk investasi aset digital menunjukkan minat yang kuat dari investor dalam aset digital. Dengan Bitcoin dan Ethereum terus mendominasi aktivitas investor, pasar aset digital terus menunjukkan pertumbuhan dan penerimaan yang kuat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: