CoinShares: Inflow Bitcoin Sentuh Rp4,6 Triliun, BTC Jadi Sorotan Utama Investor!

author:

CoinShares: Inflow Bitcoin Sentuh Rp4,6 Triliun, BTC Jadi Sorotan Utama Investor!

Produk investasi Bitcoin telah mengalami aliran dana sebesar $310,6 juta (Rp4,6 triliun) dalam dua minggu terakhir. Menurut CoinShares, Bitcoin telah menjadi “fokus utama” bagi investor institusional selama dua minggu terakhir, seiring dengan terus mencapai puncak baru untuk tahun 2023.

Bitcoin: Fokus Utama Investor Institusional

Mengutip laporan Cointelegraph (4/7/23), Bitcoin telah menjadi “fokus utama” bagi investor institusional selama dua minggu terakhir, menurut CoinShares. Produk terkait Bitcoin melihat aliran dana sebesar $310,6 juta dalam dua minggu terakhir, mewakili mayoritas besar aliran dana produk crypto.

“Bitcoin tetap menjadi fokus utama investor […] dengan aliran dana dua minggu terakhir mewakili 98% dari semua aliran aset digital,” kata James Butterfill, Kepala Penelitian CoinShares.

aliran dana mingguan Bitcoin
Aliran dana mingguan Bitcoin – Sumber: CoinShares

Selain itu, CoinShares juga mengomentari dampak momentum pasar baru-baru ini terhadap dana kelolaan.

“Apresiasi harga baru-baru ini membuat AuM naik menjadi US $37 miliar selama seminggu, titik tertinggi sejak awal Juni 2022 dan menyamai rata-rata AuM untuk tahun 2022.”

Selain itu, aktivitas perdagangan tetap tinggi pada $2,3 miliar (Rp34 triliun) untuk minggu ini. Angka ini berada di atas rata-rata tahun ini sebesar $1,5 miliar (Rp22 triliun) per minggu.

Baca juga: Optimisme Investor Institusional Meningkat: Harapan Baru untuk Cryptocurrencies?

Peningkatan Dominasi dan Harga Bitcoin

Lebih lanjut, aliran dana dua minggu terakhir ini merupakan pembalikan dari sembilan minggu sebelumnya yang mengalami aliran keluar. Produk Bitcoin jangka pendek juga mengalami aliran keluar minor sebesar $0,9 juta selama minggu terakhir.

Hal ini adalah kedua kalinya tahun ini bahwa produk Bitcoin telah menyumbang 98% aliran dana ke produk investasi crypto, dan datang di tengah lonjakan harga dan dominasi Bitcoin.

Bitcoin menyumbang 98% dari arus masuk produk investasi aset digital selama dua minggu terakhir – Sumber: CoinShares.

Sebagian besar lonjakan ini disematkan pada aplikasi ETF Bitcoin BlackRock pada 15 Juni 2023 lalu, diikuti oleh pengajuan serupa dari orang-orang seperti Fidelity, Invesco, Wisdom Tree, dan Valkyrie.

Sejak pengajuan tersebut, harga Bitcoin telah meningkat 25,2% menjadi $31.131 (Rp467 juta) pada saat artikel ini ditulis (4/7/23). Dominasi Bitcoin, yang merupakan ukuran kapitalisasi pasar relatif terhadap total kapitalisasi pasar semua mata uang crypto, telah meningkat menjadi 51,46%, menurut data.

Twitter

Ethereum dan Tren Aliran Dana

Sementara itu, produk investasi Ethereum melihat aliran dana sebesar $2,7 juta (Rp40 miliar) minggu lalu, merupakan minggu kedua aliran dana yang telah membalikkan tren aliran keluar yang panjang.

Michael Shaulov, CEO Fireblocks, mengatakan kepada Cointelegraph pada 26 Juni 2023 lalu bahwa telah ada “jumlah minat yang cukup besar” dari investor institusional dalam aset inti seperti Bitcoin dan Ethereum, tetapi kurang begitu dalam crypto alternatif.

Baca juga: Ethereum Senilai Rp300 Triliun Diamankan di Platform Liquid Staking, Apa Saja?

“Narasi seputar Ethereum adalah pemahaman bahwa ekosistem tokenisasi di masa depan kemungkinan besar akan berbasis EVM. Dan jika mereka berbasis EVM, maka Ethereum akan berperan sebagai utilitas.”

Secara keseluruhan, dengan aliran dana yang signifikan ke produk investasi Bitcoin dan Ethereum, ini menunjukkan bahwa investor institusional semakin melihat crypto sebagai bagian penting dari portofolio investasi mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: