ETF Bitcoin Spot BlackRock dan Fidelity Menguasai Pasar dengan $775 Juta Arus Masuk!

author:

ETF Bitcoin Spot BlackRock dan Fidelity Menguasai Pasar dengan $775 Juta Arus Masuk!

Pada 11 Maret 2024, ETF Bitcoin Spot di AS mengalami lonjakan arus masuk yang belum pernah terjadi sebelumnya, menandai tonggak penting dalam pasar cryptocurrency.

Menurut data sementara dari Farside UK, ETF menarik sekitar $505,6 juta dalam investasi institusional, menunjukkan kepercayaan besar pada aset digital.

Fokus pada BlackRock dan Fidelity

Sorotan khususnya pada raksasa industri BlackRock dan Fidelity, yang produknya, iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan FBTC, secara kolektif mengumpulkan lebih dari $775 juta arus masuk.

BlackRock IBIT melaporkan arus masuk yang mengesankan sebesar $562,9 juta, menekankan kepercayaan institusional yang meningkat pada Bitcoin sebagai kelas aset yang layak.

Baca juga: Bitcoin Pecahkan Rekor Baru: Arus Masuk ETF Crypto Capai $2,7 Miliar dalam Seminggu!

Demikian pula, FBTC Fidelity mencatat arus masuk signifikan sebesar $215,5 juta, lebih memperkuat dukungan institusional untuk aset digital.

Sumber: The Block

Lebih lanjut, menurut Data Blok, ETF bitcoin spot BlackRock menghasilkan hampir 47% dari semua volume perdagangan pada hari Jumat. Secara bersamaan, produk BlackRock dan Fidelity digabungkan memiliki hampir 80% dari aset kumulatif yang dikelola untuk semua ETF bitcoin spot, tidak termasuk Grayscale.

Dinamika Pasar dan Volatilitas Bitcoin

Lonjakan arus masuk ETF Bitcoin bertepatan dengan kenaikan luar biasa Bitcoin ke rekor tertinggi baru, melewati tanda $72.000.

Analis pasar mengaitkan reli ini dengan kombinasi faktor, termasuk momentum positif di ruang ETF Bitcoin, antisipasi seputar Halving Bitcoin yang akan datang, dan permintaan global yang meningkat untuk aset digital.

Meskipun volatilitas melekat pada pasar cryptocurrency, euforia seputar reli harga Bitcoin tetap kuat.

Baca juga: Pendapatan Harian Penambang Bitcoin Cetak Rekor Baru Jelang Halving, Mencapai $78,6 Juta!

Implikasi Partisipasi Institusional di Pasar Cryptocurrency

Arus masuk investasi institusional ke dalam ETF Bitcoin memiliki implikasi signifikan bagi pasar cryptocurrency. Ini menandakan pergeseran paradigma dalam sentimen investor, dengan pemain institusional semakin mengakui potensi aset digital sebagai jalur investasi yang layak.

Kehadiran institusional yang tumbuh tidak hanya meningkatkan kepercayaan pasar tetapi juga berkontribusi pada adopsi mainstream cryptocurrency.

Tren ini menekankan pematangan pasar cryptocurrency dan menyiapkan panggung untuk pertumbuhan dan inovasi lebih lanjut.

Seiring dengan terus berkembangnya partisipasi institusional, lanskap cryptocurrency siap untuk evolusi berkelanjutan, dengan Bitcoin dan aset digital lainnya memainkan peran yang semakin menonjol dalam ekosistem keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinPedia