Inflasi AS dan Nasib Crypto: Minggu Penentu yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Inflasi AS dan Nasib Crypto: Minggu Penentu yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Minggu ini, Amerika Serikat akan disibukkan dengan agenda ekonomi yang padat. Sorotan utama adalah laporan inflasi yang kembali menjadi pusat perhatian, sementara laporan keuangan bank-bank besar akan menghiasi akhir pekan. Perkembangan ini tidak hanya penting bagi pasar finansial tradisional, tetapi juga bisa memberikan dampak signifikan pada pasar crypto.

Perkiraan CPI dan Dampaknya pada Kebijakan Fed

Laporan yang paling ditunggu-tunggu adalah indeks harga konsumen (CPI) untuk bulan Desember yang akan dirilis pada hari Kamis. CPI Desember diprediksi naik sebesar 0,2%, angka yang tidak terlalu besar namun bisa menghentikan tren penurunan inflasi. Jika prediksi ini benar, maka inflasi tahunan bisa meningkat menjadi 3,3% dari 3,1%.

Kenaikan ini dapat mempengaruhi kebijakan Federal Reserve, terutama dalam upaya menurunkan suku bunga. Defisit anggaran bulanan yang akan diumumkan pada tanggal 11 Desember diperkirakan mencapai sekitar $62,5 miliar.

Baca Juga: Terungkap! Rahasia di Balik Fluktuasi Harga Crypto Ethereum dan Bitcoin

Sementara itu, utang nasional AS telah mencapai rekor tertinggi dengan $34 triliun minggu lalu. Angka ini menunjukkan bahwa pertumbuhan utang belum menunjukkan tanda-tanda melambat.

Keputusan ETF Bitcoin dan Earnings Bank

keputusan etf bitcoin 2024
The image created by Ai

Semua mata tertuju pada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada hari Rabu, 10 Desember. Ini adalah batas waktu akhir untuk keputusan ETF Bitcoin spot ARK 21Shares. Para analis percaya bahwa regulator akan menyetujui semua aplikasi sekaligus untuk menghindari keuntungan bagi yang pertama meluncur.

Di akhir pekan, tepatnya pada hari Jumat, 12 Desember, sejumlah bank akan merilis laporan keuangannya. Wells Fargo, Bank of America, BlackRock, BNY Mellon, Citigroup, dan JPMorgan Chase adalah beberapa bank yang akan menjadi sorotan minggu ini. Laporan keuangan ini sangat penting karena dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang kondisi ekonomi saat ini.

Outlook Pasar Crypto Akhir Pekan

Meskipun peristiwa ekonomi mungkin tidak terlalu mempengaruhi pasar crypto, keputusan SEC bisa menjadi penentu gerakan besar. Kabar baik mungkin memicu lonjakan harga awal, namun penolakan oleh SEC diperkirakan akan menyebabkan penurunan harga yang lebih besar.

Pasar crypto terus mengalami penurunan selama akhir pekan. Kapitalisasi total turun menjadi $1,68 triliun pada perdagangan pagi hari Senin di Asia. Bitcoin turun 1,4% menjadi $43.283, sementara Ethereum mundur 3% kembali ke $2.175. Selain itu, altcoin dengan kapitalisasi pasar besar lainnya juga mengalami penurunan yang signifikan.

Paragraf Penutup

Dengan laporan ekonomi yang krusial dan keputusan penting dari SEC, minggu ini menjadi sangat krusial bagi pasar finansial dan crypto. Bagaimana hasilnya nanti, akan sangat menarik untuk melihat dampaknya terhadap kebijakan moneter dan dinamika pasar crypto yang selalu penuh kejutan.

Baca Juga: 4 Crypto yang Harus Dimiliki dan 5 Crypto Jangka Panjang di Tahun 2024!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi