Inflasi AS Turun ke 3,4%: Ini Dampaknya pada Harga Bitcoin dan Ethereum

Inflasi AS Turun ke 3,4%: Ini Dampaknya pada Harga Bitcoin dan Ethereum

Inflasi di Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan, dan ini berdampak pada harga Bitcoin dan Ethereum. Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS naik 3,4% tahun-ke-tahun, sesuai dengan ekspektasi. Menariknya, setelah pengumuman data ini, harga Bitcoin naik 0,69%.

Inflasi AS dan Dampaknya pada Harga Bitcoin

Inflasi AS dan Dampaknya pada Harga Bitcoin
TradingView

Menurut Biro Analisis Ekonomi AS, indeks PCE naik 0,4% bulan-ke-bulan, sejalan dengan ekspektasi. Sementara itu, peningkatan tahunan adalah 3,4%. Indeks PCE inti, yang tidak memasukkan makanan dan energi, naik 3,7% YoY dan 0,3% MoM. Inflasi PCE inti hampir mencapai titik terendah dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga: Trader Polandia Terkenal Prediksi Harga Bitcoin Akan Jatuh, Apakah Kamu Setuju?

Setelah pengumuman data ini, harga Bitcoin naik 0,69%, diperdagangkan di $34.154. Pada saat yang sama, harga Ethereum berada di $1.794, dengan peningkatan 0,89%. Ini menunjukkan bahwa data inflasi AS memiliki dampak langsung pada harga mata uang crypto.

Prediksi Ekonomi dan Dampaknya pada Pasar Crypto

Para analis dari Bank of America menyarankan bahwa meski ada lonjakan yang mengejutkan dalam ekspansi ekonomi AS selama kuartal ketiga, perlambatan menuju akhir tahun masih bisa menghasilkan “pendaratan yang lembut” daripada tidak ada pendaratan sama sekali. Pasar tampaknya tidak terpengaruh secara signifikan oleh data inflasi PCE AS.

Saat berita ini ditulis, Indeks Dolar AS naik 0,1% pada hari itu di 106,72. Dolar AS terkuat terhadap Franc Swiss.

Mengapa Data Inflasi Penting bagi Trader

Setelah mempublikasikan laporan GDP, Biro Analisis Ekonomi AS merilis data Indeks Harga PCE bersamaan dengan perubahan bulanan dalam Pengeluaran Pribadi dan Pendapatan Pribadi. Pembuat kebijakan FOMC menggunakan Indeks Harga PCE inti tahunan, yang tidak memasukkan harga makanan dan energi yang volatil, sebagai ukuran utama inflasi mereka.

Bacaan yang lebih kuat dari yang diharapkan bisa membantu USD mengungguli rivalnya karena itu akan memberikan petunjuk tentang pergeseran hawkish yang mungkin dalam panduan ke depan Fed dan sebaliknya.

Paragraf Penutup

Secara keseluruhan, data inflasi AS memiliki dampak langsung pada pasar mata uang crypto dan pasar keuangan secara umum. Dengan penurunan inflasi, kita bisa melihat perubahan dalam nilai Bitcoin, Ethereum, dan Dolar AS. Ini menunjukkan betapa pentingnya data ekonomi dalam menentukan nilai mata uang dan aset.

Baca Juga: El Salvador Jadi Calon ‘Singapore of The Americas’ Berkat Bitcoin! Apa Artinya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi