Terungkap! Inflasi AS Pengaruhi Pasar Crypto, Bitcoin dan Altcoin Terkoreksi

Terungkap! Inflasi AS Pengaruhi Pasar Crypto, Bitcoin dan Altcoin Terkoreksi

Pasar crypto sedang mengalami penurunan. Inflasi di Amerika Serikat (AS) yang terus meningkat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Bagaimana perkembangan selanjutnya? Simak ulasan berikut.

Inflasi AS dan Dampaknya pada Pasar Crypto

Biro Statistik Tenaga Kerja AS akan mengumumkan data indeks harga konsumen (CPI) untuk bulan September hari ini. Tingkat inflasi tahunan di AS diperkirakan sebesar 3,6%, turun 0,1% dari bulan lalu. Inflasi CPI telah meningkat selama dua bulan setelah turun menjadi 3% pada bulan Juni.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Kenaikan CPI utama untuk bulan ketiga berturut-turut ini menjadi perhatian bagi pasar saham dan crypto, yang menunda momentum kenaikan Bitcoin. Sementara itu, inflasi inti, yang tidak memperhitungkan makanan dan energi yang volatil, juga melambat menjadi 4,1% dari 4,3%.

Rilis CPI ini adalah data kunci yang akan menentukan apakah Federal Reserve AS atau Fed akan memilih untuk memperketat kebijakan moneter lebih lanjut atau berhenti. Bulan lalu, The Fed mempertahankan suku bunga untuk menganalisis dampak kenaikan terakhir dalam mengekang inflasi.

Perkiraan Wall Street dan Dampaknya pada Bitcoin

institusi keuangan wall street
Sumber: Tesmanian

JPMorgan memperkirakan kemungkinan besar CPI akan datang di angka 3,6%. Para analis memprediksi bahwa hal ini akan mempengaruhi pasar untuk mengambil momentum kenaikan yang sedikit. Inflasi PPI dan Core PPI datang jauh di atas ekspektasi pada hari Rabu.

Goldman Sachs, Bloomberg, Morgan Stanley, Barclays, Nomura, Citi, HSBC, dan Wells Fargo juga memperkirakan CPI akan datang di angka 3,6%. Sementara itu, National Bank dan CIBC memprediksi CPI di angka 3,7%. Namun, RBC memprediksi penurunan lebih lanjut dalam CPI menjadi 3,5% untuk bulan September.

Bitcoin dan Altcoin Mengalami Koreksi

Laporan CPI yang lebih tinggi dari perkiraan adalah berita buruk untuk crypto, sementara pembacaan yang lebih rendah dari perkiraan harus dianggap sebagai bullish. Data CPI inti untuk bulan ini sangat penting di tengah kenaikan harga minyak akibat konflik Israel-Hamas.

Harga BTC menunjukkan volatilitas sebelum data CPI, dengan harga saat ini turun 2% menjadi $26,746. Sementara itu, harga ETH turun lebih dari 2% dalam 24 jam terakhir. Harga perdagangan adalah $1545, dengan tertinggi 24 jam sebesar $1538. Volume perdagangan juga telah menurun dalam 24 jam terakhir.

Paragraf Penutup

Pasar crypto terus bergerak dinamis seiring dengan perkembangan ekonomi global. Bagaimana perkembangan selanjutnya? Tetap pantau berita terkini untuk mendapatkan informasi terupdate.

Baca Juga: Flatcoins: Senjata Rahasia Melawan Inflasi yang Mengguncang Dunia Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi