Keren, Industri Tato Akan Berekspansi ke Dunia NFT!

Keren, Industri Tato Akan Berekspansi ke Dunia NFT!

Tato telah menjadi fenomena universal di seluruh dunia selama ribuan tahun, yang mana telah melampaui transformasi budaya dan pergeseran teknologi. Ketika seni terus berkembang, kini mulai mengambil langkah ke dalam industri non-fungible token (NFT) dalam upaya untuk mempertahankan relevansi di dunia yang semakin digital. Lalu, bagaimana ekspansi industri tato nantinya ke industri NFT? Simak selengkapnya berikut ini!

Bang Bang Ingin Gabungkan Etos Budaya Tato Dengan Teknologi Disruptif

Bang Bang Ingin Gabungkan Etos Budaya Tato Dengan Teknologi Disruptif
unsplash.com

Dikenal sebagai ‘Bang Bang’ di industri tato, Keith Scott McCurdy adalah salah satu seniman yang memiliki harapan bisa menggabungkan etos budaya tato dengan teknologi disruptif. McCurdy menggunakan jenis tinta tato baru yang dapat ditulis ulang, yang muncul dan memudar dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Selama lima tahun terakhir, Bang Bang mengatakan bahwa para ilmuwan di University of Colorado telah mengembangkan tinta tato yang terbuat dari mikrokapsul fotokromik, sebuah teknologi yang dijuluki ‘tech tattoos’ yang meninggalkan tanda perubahan warna yang aktif ketika terpancar oleh sinar UV, sehingga mengubah gambar tato saat bereaksi terhadap sinar UV.

Tak hanya itu, Bang Bang melihat teknologi sebagai cara untuk menjembatani keinginan budaya tato untuk individualitas dengan keunikan NFT yang dapat dibuktikan. Dilansir dari Cointelegraph, pada bulan Juni lalu, ia menjual tato pertama yang dapat ditulis ulang sebagai 1/1 NFT seharga 100 Ethereum (ETH), yakni hampir $100,000 pada saat itu, atau setara dengan Rp1.567.220.000 ($1 kurs = Rp15.672) saat sekarang.

“Identitas digital akan menjadi sangat penting di masa depan. Hal ini mungkin jauh lebih penting daripada identitas fisik kita saat ini. Kita paling ahli dalam melakukan individualisasi di dunia digital dan mendefinisikan identitas seseorang, dan di sanalah terdapat peluang yang tidak ada habisnya,” ujar McCurdy, dikutip dari CoinTelegraph, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Jelang Piala Dunia FIFA 2022, Visa Luncurkan Lelang NFT ‘Visa Masters of Movement’

Indelible Berperan Menjembatani Komunitas Tato ke Web3

Indelible Berperan Menjembatani Komunitas Tato ke Web3
vice.com

Perusahaan lain yang juga bekerja untuk menjembatani komunitas tato ke Web3 adalah Indelible. Perusahaan ini memungkinkan pemilik untuk menggunakan hak IP mereka dengan menggambar tato baru dan menambahkannya ke NFT foto profil (PFP) yang ada. Mike Amoia yang merupakan founder Indelible, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa:

“Holder NFT selalu ingin menghasilkan uang atau melakukan hal-hal berbeda dengan IP mereka. Dan kami merasa ini adalah cara yang sangat menarik untuk menghasilkan uang atau bahkan hanya sekedar bersenang-senang dengan IP Anda dengan meletakkan seperti seni tato terkenal di atasnya,” ujar Amoia, dikutip dari CoinTelegraph, Jumat (4/11/2022).

Diciptakan pada delapan bulan yang lalu, perusahaan startup ini memiliki gagasan bahwa seniman tato harus dapat memperluas pekerjaan mereka di luar studio, dan memiliki akses ke cara-cara yang tak terbatas untuk menghasilkan uang dari seni mereka.

“Kami merasa ini adalah penerapan yang sangat menarik untuk budaya tato, dan kami ingin melakukannya dengan cara yang berlawanan, yaitu menato karakter pada orang sungguhan. Kami ingin menato Web3,” ujar Amoia, dikutip dari CoinTelegraph, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Setelah Dibeli Elon Musk, Twitter Rilis Fitur NFT Tweet Tiles!

Koleksi Karakter PFP Pertama Akan Ditandatangani Oleh Seniman Tato Terkenal

Koleksi Karakter PFP Pertama Akan Ditandatangani Oleh Seniman Tato Terkenal
unsplash.com

Pada dua tahun yang lalu, Amoia memutuskan untuk mendanai startup-nya sendiri yang berfokus pada kolaborasi tato dengan NFT. Dia juga mengatakan bahwa koleksi karakter PFP pertama proyek tersebut akan ditandatangani oleh seniman tato Mike Rubendall, Matt Skinny, dan Bj Betts.

“Semua komunitas harus merangkul proyek-proyek seperti ini, dan sebaliknya karena kita semua saling membantu. Semakin sukses proyek saya, itu membantu semua proyek lainnya karena bisa membuat lebih banyak orang memahami apa itu NFT,” ucap Amoia, dikutip dari CoinTelegraph, Jumat (4/11/2022).

Dilansir dari CoinTelegraph, Riset Pasar Terverifikasi (VMR) memprediksi pasar NFT akan tumbuh hingga $231 miliar nilainya pada tahun 2030 mendatang. Dalam delapan tahun ke depan, sektor ini diperkirakan akan memiliki pertumbuhan sebesar 33,7% dalam annual rate. Industri musik, film, dan olahraga sendiri jadi bidang dimana NFT sangat diminati.

Belum lama ini, proyek NFT PFP yang juga ramai diperbincangkan adalah NFT Reddit yang sukses luncurkan koleksi avatar dan terjual hingga $10 juta hanya dalam waktu 3 bulan. Selain itu tak hanya di industri tato dan seni, NFT juga berperan dalam industri game yakni GameStop yang berkolaborasi dengan Immutable untuk meluncurkan platform marketplace NFT interaktif.

Referensi: