Meski DeFi Merosot, Industri dApp Tercatat Meningkat 10% di Bulan Mei 2023

author:

Meski DeFi Merosot, Industri dApp Tercatat Meningkat 10% di Bulan Mei 2023

Meski industri keuangan terdesentralisasi (DeFi) mengalami penurunan, industri aplikasi terdesentralisasi (dApp) tercatat menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

Menurut laporan industri bulanan DappRadar, pasar dApp mengalami peningkatan sebesar 9,97% pada bulan Mei 2023. Simak lebih lanjut perkembangannya, yuk!

Pertumbuhan Mengesankan di Industri dApp

industri dapp
BitPanda

Industri aplikasi terdesentralisasi (dApp) telah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dalam beberapa bulan terakhir. Menurut laporan industri bulanan DappRadar, industri ini mengalami peningkatan sebesar 9,97% pada bulan Mei 2023.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa meski ada fluktuasi di pasar crypto, dApp tetap menunjukkan pertumbuhan yang konsisten. Lebih lanjut, pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh sektor game dan keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Menurut laporan, kedua sektor tersebut telah menunjukkan pertumbuhan dan stabilitas yang menjanjikan, bahkan di tengah penurunan nilai total yang terkunci (TVL) di DeFi. Sektor game, mendominasi aktivitas dApp dengan 36% dari seluruh aktivitas, yang mana menunjukkan bahwa game blockchain menjadi semakin populer dan menarik lebih banyak pengguna ke dalam ekosistem dApp.

Baca juga: Revolusi Keuangan di Ujung Jari Kamu: Bagaimana Agregasi DeFi Membuka Pintu ke Masa Depan!

Selain itu, sektor DeFi juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan industri dApp. Meski nilai total yang terkunci (TVL) di DeFi mengalami penurunan, jumlah dompet aktif unik di sektor ini meningkat sebesar 18% menjadi. Angak tersebut menunjukkan bahwa meski ada tantangan, DeFi tetap menjadi sektor penting dalam industri dApp dan berpotensi untuk terus tumbuh di masa mendatang.

Dominasi Sektor Game

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sektor game telah mendominasi aktivitas dApp, dengan 36% dari seluruh aktivitas dApp dan 711.913 dompet aktif unik harian (dUAW). Pertumbuhan ini mencerminkan popularitas yang meningkat dari game blockchain, yang menawarkan pengalaman bermain game yang lebih inklusif dan demokratis, di mana pemain dapat memiliki dan mengendalikan aset mereka sendiri dalam game.

Lebih lanjut, pertumbuhan sebesar 5,97% pada bulan Mei dibandingkan dengan bulan sebelumnya juga menunjukkan bahwa sektor ini tidak hanya tumbuh, tetapi juga mempercepat. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan adopsi blockchain dan crypto secara luas, yang telah membuka pintu bagi lebih banyak pengguna untuk menjelajahi dan terlibat dalam game blockchain.

Selain itu, game blockchain juga mendominasi transaksi di seluruh industri dApp, dengan 77% dari 550 juta transaksi. Ini menunjukkan bahwa game blockchain tidak hanya populer, tetapi juga sangat aktif. Transaksi ini bisa mencakup segala hal dari pembelian dan penjualan aset dalam game, hingga interaksi antar pemain dan partisipasi dalam event dalam game.

Paradoks Total Nilai Terkunci (TVL) DeFi

DeFi Stablecoin

Selain itu, laporan dari DappRadar menyoroti situasi yang tampaknya paradoks dalam DeFi. Meski adopsi protokol DeFi meningkat, total nilai terkunci (TVL) mengalami penurunan sebesar 4,3%, turun menjadi $79,16 miliar atau setara dengan Rp1,1 kuadriliun. Angka ini menunjukkan perbedaan antara antusiasme seputar DeFi dan kinerja aktualnya.

Penurunan ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya bisa jadi adalah volatilitas pasar crypto secara keseluruhan, yang bisa mempengaruhi nilai aset yang digunakan sebagai jaminan dalam protokol DeFi.

Selain itu, penurunan ini juga bisa mencerminkan pergeseran dalam preferensi investor, dengan beberapa mungkin memilih untuk mengambil untung atau memindahkan dana mereka ke aset atau platform lain.

Meski TVL DeFi mengalami penurunan, ini tidak berarti bahwa sektor DeFi secara keseluruhan sedang mengalami penurunan. Sebaliknya, jumlah dompet aktif unik di sektor ini meningkat sebesar 18% menjadi 607.945, menunjukkan bahwa ada lebih banyak pengguna yang terlibat dalam DeFi. Ini menunjukkan bahwa meski ada tantangan, DeFi tetap menjadi sektor penting dalam industri dApp dan berpotensi untuk terus tumbuh di masa mendatang.

Baca juga: Bank Terbesar Rusia Buka Akses Pengembang ke Platform DeFi Internal, Seperti Apa?

Pada akhirnya, meski kondisi pasar berfluktuasi dan kolateral DeFi mengalami penurunan, industri dApp terus menunjukkan pertumbuhan dan ketahanan. Dengan pertumbuhan yang terus berlanjut, dApp menunjukkan potensi yang belum tergali dan peran pentingnya dalam evolusi keuangan terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: