Bitcoin dan DeFi Pimpin Industri Blockchain, Meningkat di Awal Tahun 2023!

Bitcoin dan DeFi Pimpin Industri Blockchain, Meningkat di Awal Tahun 2023!

Dilansir dari Cointelegraph, tahun 2023 dimulai dengan awal yang baik, dengan Bitcoin meroket hingga 40% pada bulan Januari. Namun, kabar baiknya kenaikan harga Bitcoin juga telah mempengaruhi market crypto yang menghijau.

Pendapatan penambangan melonjak $22,66 juta pada bulan Januari, dan perusahaan yang berhubungan dengan crypto naik dua kali lipat. Untuk melihat lebih detail ke berbagai sektor industri crypto, termasuk modal ventura, derivatif, keuangan terdesentralisasi (DeFi), regulasi, dan banyak lagi, Cointelegraph Research menerbitkan laporan Wawasan Investor bulanan.

Disusun oleh para ahli terkemuka dalam berbagai topik ini, laporan bulanan ini merupakan alat yang sangat berharga untuk mengetahui kondisi industri blockchain saat ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Mendapatkan Momentum di Q1 tahun 2023

Harga Bitcoin mengalami bulan terbaiknya sejak Oktober 2021, yang mana naik hampir 40%. Setelah Indeks Harga Konsumen menunjukkan bahwa inflasi akan melambat pada Desember 2022, harga crypto dan saham mengalami kenaikan.

Bitcoin Mendapatkan Momentum di Q1 tahun 2023

Saat harga BTC mencapai level tertinggi multi-month di $23.920 pada 29 Januari 2023, semua mata tertuju pada meeting Komite Pasar Terbuka Federal atau The Fed pada 1 Februari 2023, yang menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin, dengan alasan pelonggaran tetapi inflasi masih tinggi. BTC mengalami sedikit volatilitas di sekitar level $23.000, menunjukkan bahwa berita tersebut sudah diperhitungkan.

Saat BTC mendapatkan momentum bullish di bulan Januari, arus masuk dan keluar centralized exchange menjadi normal. Arus keluar koin bulanan terbesar dalam sejarah terjadi setelah keruntuhan FTX pada November 2022, mencapai 200.000 BTC per bulan di semua exchange.

Dilansir dari Cointelegraph, net flow sekarang mendekati netral, dengan penurunan tren arus keluar yang tinggi menandakan investor kembali ke pasar crypto. Bulan bullish BTC melesat melalui rata-rata pergerakan atau moving average (MA) 50, 100 dan 200 hari untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun.

Baca Juga: Susul Cardano, Aave Luncurkan Stablecoin GHO di Ethereum Testnet!

Total Value Locked (TVL) DeFi Mengalami Kenaikan $10 Miliar

Total Value Locked (TVL) DeFi Mengalami Kenaikan $10 Miliar

Beberapa altcoin, termasuk Gala (GALA), Aptos (APT), Threshold (T), Decentraland (MANA), Solana (SOL), mengalami pertumbuhan bulanan lebih dari 100% di awal tahun 2023 karena harga Bitcoin mulai naik di awal tahun 2023.  Hal ini disebabkan oleh dominasi sentimen negatif yang ekstrem dan posisi short yang terlalu jenuh pada akhir tahun 2022.

Pada akhir Januari 2023, statistik dari defillama.com menunjukkan bahwa TVL Lido sebesar $7,92 miliar mendominasi $46,56 miliar TVL yang disimpan di DeFi saat ini. Dilansir dari Bitcoin News, protokol staking decentralized finance (DeFi) Lido merupakan protokol DeFi yang paling dominan saat ini, dalam hal total nilai terkunci (TVL).

Referensi: