Makin Berkembang! Indonesia Siap Luncurkan Crypto Exchange Nasional dan Aset Crypto Lokal di 2023

author:

Makin Berkembang! Indonesia Siap Luncurkan Crypto Exchange Nasional dan Aset Crypto Lokal di 2023

Tak bisa disangkal bahwa pertumbuhan cryptocurrency di Indonesia semakin pesat. Hal ini bisa dibuktikan dari catatan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang melaporkan bahwa jumlah investor cryptocurrency di Indonesia mencapai 12,4 juta orang per Februari 2022. Selain itu, di bulan Juni 2022, Indonesia tengah mempersiapkan mata uang digital yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran digital yang sah di seluruh Indonesia.

Dilansir Cointelegraph pada 4 Januari 2023, sebagai bagian dari reformasi regulasi crypto, Indonesia sedang mempersiapkan crypto exchange nasional. Menurut laporan, platform yang tengah dibuat rencananya akan diluncurkan sebelum peralihan kekuasaan regulasi aset dari komoditas ke otoritas sekuritas.

Crypto Exchange Harus Selesai di 2023

Pada 4 Januari 2023, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Bappebti), Didid Noordiatmoko, menyatakan bahwa crypto exchange harus dibentuk tahun ini. Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari reformasi keuangan yang diluncurkan pada Desember 2022 lalu.

Sesuai dengan reformasi, dalam dua tahun ke depan, pengawasan aset crypto akan berganti dari Bappebti, lembaga yang berfokus pada komoditas, oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

RUU Pembinaan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), yang telah disahkan DPR RI pada 15 Desember 2022 lalu menjadi acuan hukum utama di sektor jasa keuangan. Menjelaskan peralihan kewenangan dari Bappebti ke OJK, Suminto Sastrosuwito, Kepala Bidang Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menyatakan bahwa,

“Aset crypto telah menjadi instrumen investasi dan keuangan, sehingga perlu diatur secara setara dengan instrumen keuangan dan investasi lainnya.”

Di tengah rencana pengembangan crypto exchange nasional, Bappebti juga sedang menyiapkan beberapa koin crypto lokal untuk diperdagangkan.

Baca juga: Indonesia Summit 2022: Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Crypto Global

Bappebti Review Beberapa Koin Crypto Lokal

Bappebti Review Beberapa Koin Crypto Lokal
Sumber: Freepik

Dilansir Market Bisnis, Bappebti sekarang ini tengah menyiapkan sejumlah koin crypto baru untuk diperdagangkan di Indonesia mulai akhir Januari 2023.

Selaku Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko menyatakan bahwa saat ini mereka masih mengatur jenis aset crypto yang legal diperdagangkan di Indonesia.

Dalam acara Outlook Bappebti hari ini, Didid mengatakan, “Saat ini ada 383 jenis aset kripto yang bisa diperdagangkan di Indonesia, melalui penilaian yang ketat, penilaian yang terus menerus baik oleh pedagang dan Bappebti, sehingga ada 383 yang bisa diperdagangkan, dari 383 itu, 10 di antaranya adalah koin lokal, dari teman-teman di dalam negeri,” menurut laporan Market Bisnis.

Bersamaan dengan rencana baik ini, Didid juga berharap nantinya makin banyak koin crypto lokal yang bisa diluncurkan dengan ketentuan yang sudah ditentukan. Ia juga mengatakan bahwa Bappebti siap untuk melakukan supervisi, pendampingan, supaya koin lokal bisa memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Selanjutnya, Didid menyatakan bahwa di akhir bulan Januari 2023 ini, Bappebti akan merilis beberapa jenis koin lagi yang diperbolehkan dan diakui untuk diperdagangkan di Indonesia. “Setidaknya ada 5 koin lokal dari 10 koin yang sudah direview,” ungkap Didid.


Referensi: