Indonesia Siap Jadi Pemimpin Dunia dalam Teknologi Blockchain dan Web3!

Indonesia Siap Jadi Pemimpin Dunia dalam Teknologi Blockchain dan Web3!

Indonesia, yang baru-baru ini meluncurkan bursa crypto yang didukung pemerintah, kini sedang berbenah untuk menjadi pusat crypto yang berkembang dan berambisi menjadi salah satu pemimpin dalam teknologi Web3. Hal ini diungkapkan oleh eksekutif blockchain dan Metaverse Indonesia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Generasi Muda Indonesia dan Adopsi Teknologi

grace sabandar blockchain dubai summit
Sabandar menyampaikan pidato utama di KTT Ekonomi Blockchain yang diadakan di Le Meridien, Dubai. Sumber: Cointelegraph

Menurut Grace Sabandar, salah satu pendiri Indonesia Blockchain and Metaverse Center (IBMC), sebagian besar dari 270 juta penduduk Indonesia adalah generasi muda yang “mudah beradaptasi dengan teknologi baru”.

Sabandar juga menunjukkan bahwa Indonesia adalah salah satu pengguna terbesar aplikasi media sosial Web2 seperti Facebook dan Instagram di dunia.

Karena hal ini, Sabandar meyakini bahwa Indonesia siap menjadi salah satu pemimpin dalam adopsi Web3. “Kami ingin menjadi pemimpin, bukan hanya pengguna teknologi, karena sekarang, karena desentralisasi, siapa pun bisa melakukan sesuatu, siapa pun bisa menciptakan sesuatu,” ujarnya, dikutip dari Cointelegraph, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga: Viral! Ubah Energi Jadi Uang, Ridwan Kamil Ungkapkan Harapan Besar untuk Bitcoin di Indonesia

Kerjasama Pemerintah dan Asosiasi Blockchain

asosiasi blockchain indonesia
Nugraha (kedua dari kanan) bersama Ezra Reguerra dari Cointelegraph (kanan) dalam sebuah diskusi panel di WOW Summit yang diadakan di Atlantis, The Royal di Dubai. Sumber: Joeri Billast

Sementara itu, Tuhu Nugraha, yang bekerja sebagai penasihat untuk pemerintah Indonesia dalam penelitian mereka tentang teknologi blockchain dan metaverse, mengatakan bahwa pendekatan pemerintah terhadap teknologi Web3 sangat kolaboratif.

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan berbagai asosiasi yang berfokus pada blockchain untuk belajar dan melakukan eksperimen teknologi blockchain untuk memahami implikasinya di berbagai sektor.

Nugraha juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia berencana melakukan uji coba penerapan teknologi blockchain dalam kasus penggunaan layanan publik. Menurutnya, pemerintah akan menguji penggunaan sertifikat digital berbasis blockchain untuk kepemilikan tanah dan sertifikat kompetensi untuk sektor pendidikan.

Baca Juga: Seperti Apa Masa Depan Crypto di Indonesia? Ini Fakta Menarik Soal Regulasi Crypto Indonesia!

Blockchain dan Pemberantasan Penipuan Sertifikat

Dilansir dari Cointelegraph, Nugraha percaya bahwa dengan fitur-fitur bawaan blockchain, implementasi teknologi ini pada sertifikat dapat berpotensi memerangi penipuan sertifikat dan membantu pemerintah memverifikasi keaslian berbagai jenis sertifikat digital menggunakan data on-chain.

Dengan adanya rencana ini, Indonesia berpotensi menjadi pemimpin dalam adopsi dan implementasi teknologi blockchain. Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan kolaborasi dengan berbagai asosiasi blockchain, masa depan Indonesia dalam dunia teknologi Web3 tampaknya sangat cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: