Indonesia Didekati oleh Diplomat BRICS: Apakah Kita Akan Bergabung?

Indonesia Didekati oleh Diplomat BRICS: Apakah Kita Akan Bergabung?

Kamu mungkin telah mendengar bahwa Indonesia baru-baru ini didekati oleh diplomat dari negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) dengan tawaran untuk bergabung dalam kelompok ini.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pemerintah Indonesia masih mempertimbangkan manfaat politik dan ekonomi dari keanggotaan ini. Artikel ini akan membahas 3 aspek penting yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu BRICS dan Mengapa Indonesia?

BRICS adalah kelompok lima negara berkembang besar yang telah menjadi kekuatan ekonomi dan politik yang signifikan.

Baca Juga: Indonesia Summit 2022: Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Crypto Global

Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, telah didekati oleh diplomat BRICS sebagai kandidat potensial untuk keanggotaan.

Manfaat dan Risiko Bergabung dengan BRICS

MINISTRY OF FOREIGN AFFAIRS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA

Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan bahwa mereka masih mempertimbangkan manfaat politik dan ekonomi dari keanggotaan ini.

Presiden Joko Widodo juga menekankan bahwa Indonesia perlu mempelajari dan menghitung lebih dahulu sebelum membuat keputusan.

Apa yang Dapat Kamu Harapkan Selanjutnya?

BRICS telah setuju untuk menambahkan 6 negara baru ke dalam organisasi pada 1 Januari 2024.

Menurut seorang diplomat Rusia, semua negara tersebut telah menerima undangan. Apakah Indonesia akan mengikuti jejak mereka? Ini adalah sesuatu yang masih menjadi pertimbangan serius dari pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Revolusi Industri Crypto di Indonesia: Mengenal Apa itu Hari Bank Indonesia dan Peran Vitalnya!

Jadi, apakah kamu berpikir Indonesia sebaiknya bergabung dengan BRICS? Keputusan ini tentu akan memiliki dampak yang signifikan, baik dari sisi politik maupun ekonomi. Tetaplah update dengan berita terbaru untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: