Indikator RSI Bitcoin (BTC) Kini Tercatat Rendah Sejak Krisis COVID-19, Ada Apa?

author:

Indikator RSI Bitcoin (BTC) Kini Tercatat Rendah Sejak Krisis COVID-19, Ada Apa?

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, Bitcoin kini menunjukkan tanda-tanda peringatan besar. Indikator kekuatan relatif (RSI) harian Bitcoin telah mencapai level terendah sejak krisis COVID-19 pada Maret 2020. Dengan RSI di bawah angka 20, komunitas crypto sedang menunggu dengan penuh perhatian melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.

Mengapa RSI Penting dan Apa yang Menyebabkannya Jatuh?

Indikator kekuatan relatif atau RSI adalah alat penting yang digunakan oleh trader untuk mengukur momentum aset. Indikator ini berfluktuasi antara 0 dan 100, dengan pembacaan di atas 70 menunjukkan kondisi overbought dan di bawah 30 menunjukkan kondisi oversold.

Baca juga: Bitcoin Menuju Krisis Seperti Pasar Saham 1930-an? Analis Crypto Mike McGlone Ungkap Hal Ini!

Penurunan tajam dalam RSI harian Bitcoin menunjukkan bahwa aset tersebut mungkin telah dijual berlebihan. Terakhir kali RSI mencapai level ini adalah selama krisis pasar yang dipicu oleh pandemi COVID-19 pada Maret 2020, seperti apa yang dicuitkan oleh akun Twitter Bitcoin Archive di bawah ini.

rsi bitcoin terbaru
Sumber: Twitter

Meskipun RSI dapat memberikan wawasan tentang potensi pembalikan harga, pasar kripto dikenal dengan ketidakpastiannya, dan banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi arah harga.

Reaksi Pasar dan Spekulasi Tentang Masa Depan Bitcoin

Dengan harga Bitcoin saat ini berada di $26,013, ada penurunan 0,34% dalam sehari dan penurunan 11,53% dalam seminggu. Namun, kondisi oversold yang ekstrem seringkali mendahului rebound harga yang signifikan, memicu diskusi spekulatif tentang kemungkinan pembalikan bullish dalam beberapa minggu mendatang.

Sebagai respons terhadap penurunan RSI, banyak analis dan pengamat pasar mulai membandingkan situasi saat ini dengan kondisi pasar selama krisis COVID-19. Pertanyaan besar yang muncul adalah apakah ini merupakan kesempatan beli yang ideal atau apakah ini menandakan awal dari penurunan yang lebih dalam.

Baca juga: Data Menunjukkan bahwa Meski Harga Bitcoin Turun, Ordinals Tetap Mendominasi!

Dominasi Bitcoin dan Potensi Reli Altcoin

analisa harga bitcoin
MA dan EMA 200-minggu MVP – Sumber: Michael van de Poppe

Analis crypto terkenal, Michael van de Poppe, menyoroti dominasi Bitcoin dan menunjukkan tren yang dapat mengubah lanskap pasar mata uang digital. Dominasi Bitcoin telah menunjukkan penurunan yang stabil, meningkatkan kemungkinan reli altcoin yang signifikan.

Jika tren penurunan dominasi Bitcoin berlanjut, altcoin mungkin akan mengungguli Bitcoin dalam hal apresiasi harga dan pertumbuhan kapitalisasi pasar. Namun, jika Bitcoin merebut kembali rata-rata bergerak 200 minggu dan EMA, dominasi Bitcoin mungkin akan bangkit kembali, berpotensi menghambat reli altcoin yang diantisipasi.

Pada akhirnya, meskipun indikator RSI menunjukkan bahwa Bitcoin mungkin telah dijual atau oversold berlebihan, hanya waktu yang akan menentukan arah selanjutnya untuk mata uang crypto utama ini. Dengan banyak faktor yang mempengaruhi pasar, investor dan trader harus tetap waspada dan mempersiapkan segala kemungkinan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: