India Siap Gelontorkan Dana $1,25 Miliar untuk Pacu Pertumbuhan AI

author:

India Siap Gelontorkan Dana $1,25 Miliar untuk Pacu Pertumbuhan AI

Pemerintah India melalui IndiaAI Mission telah menyetujui anggaran awal sebesar 10.300 crore rupee (sekitar $1,24 miliar) untuk mendukung pengembangan kecerdasan buatan (AI) di seluruh negeri.

Misi ini bertujuan untuk mendukung perusahaan rintisan dan inovasi di bidang AI selama lima tahun ke depan.

IndiaAI Mission: Demokratisasi Akses terhadap Komputasi

india pacu pertumbuhan ai
Generated by AI

IndiaAI Mission bertujuan untuk menyediakan akses mudah ke daya komputasi di seluruh negeri bagi para inovator, perusahaan rintisan, mahasiswa, dan lembaga pendidikan.

Baca juga: Analis Coinbase Sebut Token AI Lebih Banyak Sensasi daripada Nilai!

Komponen penting dalam pengembangan dan penerapan AI ini akan mendukung pertumbuhan AI di India. Menteri Persatuan Piyush Goyal mengumumkan perkembangan tersebut pada 7 Maret dalam sebuah pengarahan kabinet.

IndiaAI Mission terdiri dari tujuh komponen, di mana empat di antaranya didedikasikan untuk membangun dan mendemokratisasi kapasitas komputasi dan model multimoda besar (LMM) dalam negeri, merampingkan akses ke kumpulan data non-personal yang berkualitas, dan mengembangkan aplikasi AI.

Infrastruktur komputasi AI yang terdiri dari 10.000 atau lebih unit pemrosesan grafis (GPU) akan digunakan untuk menyediakan sumber daya penting bagi perusahaan rintisan AI yang dibangun melalui kemitraan publik-swasta.

Dukungan Pemerintah untuk AI

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan bahwa pemerintah India percaya bahwa kemajuan AI akan berkontribusi pada perluasan ekonomi India dan menghasilkan peluang kerja yang sangat terampil.

Pada 1 Maret 2024 kemarin, India memperingatkan semua perusahaan teknologi untuk mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pemerintah sebelum merilis alat AI yang baru dikembangkan.

Kementerian tersebut menambahkan bahwa platform harus memastikan bahwa alat mereka tidak akan “mengancam integritas proses pemilihan”, karena pemilihan umum diperkirakan akan berlangsung pada musim panas 2024.

Baca juga: India Integrasikan Hampir 8 Juta Dokumen Pemerintah yang Dapat Diverifikasi ke dalam Blockchain

Masa Depan AI di India

Dengan dukungan pemerintah yang kuat dan investasi yang signifikan, India berada di jalur yang tepat untuk menjadi pemain utama dalam lanskap AI global. IndiaAI Mission akan membantu negara tersebut mengembangkan teknologi AI mutakhir, menarik talenta global, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Kemajuan AI di India akan berdampak positif pada berbagai sektor, termasuk perawatan kesehatan, keuangan, pertanian, dan manufaktur.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: