India Luncurkan Senjata Rahasia “CIAT” untuk Lawan Kejahatan Crypto!

author:

India Luncurkan Senjata Rahasia “CIAT” untuk Lawan Kejahatan Crypto!

Seiring meningkatnya kasus penipuan terkait crypto di India, pemerintah negara tersebut telah mengambil langkah tegas dengan peluncuran Cryptocurrency Intelligence and Analysis Tool (CIAT). Alat canggih ini dirancang untuk memantau dan mencegah aktivitas kriminal di dunia crypto.

CIAT: Mata India di Transaksi Dark Net

india luncurkan senjata rahasia untuk keamanan crypto
Sumber: Reuters

Dengan banyaknya warga India yang menjadi korban penipuan crypto, kebutuhan akan tindakan pencegahan yang kuat menjadi semakin mendesak. Oleh karena itu, peluncuran CIAT menjadi langkah penting dan tepat waktu.

Baca juga: India Dominasi Indeks Adopsi Crypto Global 2023: Apa Rahasianya?

CIAT adalah alat canggih yang memantau dark net, dengan fokus pada alamat dompet crypto yang terkait dengan aktivitas mencurigakan. Alat ini juga menyediakan catatan transaksi yang lengkap, mencatat detail seperti alamat, timestamp, tanggal, dan jenis transaksi.

Selain memantau, CIAT memiliki sistem peringatan yang proaktif. Saat mendeteksi aktivitas crypto yang tidak biasa atau volume transaksi yang sangat tinggi, peringatan segera dikirimkan, memungkinkan otoritas untuk bertindak cepat.

Database CIAT: Senjata Rahasia dalam Investigasi

tanda tangan digital crypto india

Salah satu fitur unggulan CIAT adalah database ekstensifnya. Database ini berisi informasi rinci tentang semua bursa crypto yang dikenal di seluruh dunia, lengkap dengan detail kontak.

Database ini sangat berharga bagi lembaga penegak hukum karena memungkinkan komunikasi yang lancar dengan bursa, memberikan keuntungan besar selama investigasi mendalam.

Selain untuk investigasi, database ini juga dapat digunakan untuk memantau dan mencegah transaksi ilegal di bursa crypto.

Baca juga: Perangi Kejahatan Crypto, Jaksa Korea Selatan Mengadopsi Teknologi Blockchain Canggih

Mengatasi Lonjakan Kejahatan Crypto di India

Kebutuhan mendesak untuk implementasi CIAT muncul dari tren yang mengkhawatirkan. Data terbaru menunjukkan kerugian sebesar Rs 953 crore akibat penipuan crypto.

Selain itu, Biro Pengendalian Narkotika (NCB) menyoroti keterkaitan kripto dengan kejahatan terkait narkoba. Dalam tiga tahun terakhir, mereka telah mengidentifikasi 38 insiden semacam itu.

Dengan peluncuran CIAT, banyak yang berharap India tidak hanya dapat melawan, tetapi juga mencegah kejahatan terkait crypto.

Pada akhirnya, peluncuran CIAT oleh pemerintah India ini menunjukkan komitmennya untuk melindungi warganya dari bahaya dunia digital. Melalui inovasi dan teknologi, negara ini berupaya memastikan keamanan dan kepercayaan dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: