India Siap Luncurkan Database Global untuk Deteksi Kejahatan Crypto!

India Siap Luncurkan Database Global untuk Deteksi Kejahatan Crypto!

India sedang mempersiapkan langkah besar dalam memerangi kejahatan yang melibatkan cryptocurrency. Negara ini dikabarkan sedang mengembangkan database global yang mencakup semua bursa crypto, termasuk yang beroperasi di dunia maya yang tersembunyi atau dark web. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Database Global untuk Deteksi Kejahatan Crypto

database crypto india
Sumber: Bitcoin News

India berencana untuk menciptakan database global yang mencakup semua bursa kripto, termasuk yang beroperasi di dark web, untuk membantu penyelidikan kejahatan yang menggunakan cryptocurrency.

Database ini diharapkan dapat mulai beroperasi pada akhir tahun fiskal ini atau pada Maret 2024. Tujuan utama dari database ini adalah untuk memberikan otoritas penegak hukum sumber daya untuk memantau dan mengumpulkan informasi tentang aktivitas crypto ilegal.

Database ini akan sangat bermanfaat bagi Direktorat Penegakan (ED), Departemen Pajak Penghasilan India, dan organisasi penegak hukum asing lainnya. Langkah ini merupakan bagian penting dari rencana India untuk menjadi kekuatan utama dalam regulasi crypto di seluruh dunia.

Baca Juga: Survei: Tingkat Adopsi Crypto di India Bisa Kalahkan Amerika dan Inggris di Tahun 2023

India dan Regulasi Crypto

regulasi crypto india
Sumber: Euronews

India telah mempengaruhi pasar crypto secara signifikan dan organisasi seperti Chainalysis telah mengakui negara ini sebagai pelopor dalam adopsi crypto di seluruh dunia. India juga merupakan pasar crypto terbesar kedua dalam hal volume transaksi.

Namun, penggunaan kripto yang meningkat telah memicu peningkatan aktivitas kriminal terkait. Oleh karena itu, otoritas India semakin fokus pada langkah-langkah regulasi. Perdana Menteri India, Narendra Modi, telah menyatakan dukungannya untuk pembentukan kerangka kerja global untuk regulasi crypto di KTT G20. Demikian pula, otoritas India telah meluncurkan Alat Intelijen dan Analisis Crypto untuk menangani kejahatan terkait crypto.

India berencana untuk meluncurkan database global bursa crypto pada tahun depan. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya India untuk menyesuaikan diri dengan standar internasional dalam mengatur aset crypto. Database ini diharapkan dapat membantu lembaga penegak hukum dalam memerangi kejahatan terkait kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: