India Tingkatkan Keahlian Ribuan Petugas dalam Investigasi Crypto: Apa Dampaknya?

India Tingkatkan Keahlian Ribuan Petugas dalam Investigasi Crypto: Apa Dampaknya?

India telah melatih sekitar 3.000 petugas kepolisian dalam investigasi dan forensik crypto pada tahun keuangan 2022-2023. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan potensi kejahatan yang terkait dengan mata uang digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Latihan Intensif untuk Petugas Kepolisian

Berdasarkan laporan tahunan dari Kementerian Dalam Negeri India (MHA), pelatihan ini melibatkan petugas dari berbagai departemen kepolisian dan cybercrime. Di bawah Biro Pengendalian Narkotika — lembaga penegak hukum dan intelijen pusat India — 141 petugas telah dilatih dalam investigasi darknet dan crypto.

Pelatihan ini juga mencakup workshop terkait jejak digital, pengumpulan intelijen dan bukti dari sumber terbuka dan media sosial. Selain itu, Pusat Koordinasi Cyber Crime India juga telah melatih lebih dari 2.800 petugas kepolisian cyber dalam forensik dan investigasi crypto. Pelatihan ini mencakup teknologi baru seperti jaringan anonimisasi dan investigasi penyalahgunaan aplikasi mobile di dunia maya.

Baca Juga: Perkuat Pertumbuhan Blockchain, Bitget Siapkan Dana $10 Juta untuk Startup Blockchain India!

India Jelajahi Penggunaan Blockchain

blockchain di india
Sumber: Nikkei Asia

Sementara India mempersiapkan diri untuk menangani potensi kejahatan terkait crypto, negara ini juga terus menjelajahi penggunaan blockchain dalam sektor publik. Perusahaan minyak dan gas milik negara, Hindustan Petroleum (HPCL), baru-baru ini meluncurkan sistem blockchain untuk mengotomatisasi verifikasi pesanan pembelian (POs).

Melalui kerjasama dengan Zupple Labs, perusahaan perangkat lunak blockchain, HPCL telah mengintegrasikan teknologi kredensial digital berbasis blockchain ke dalam sistem pesanan pembelian mereka.

Dengan peningkatan adopsi crypto dan teknologi blockchain, India berupaya meningkatkan kesiapan petugas kepolisian dalam menangani potensi kejahatan terkait. Langkah ini menunjukkan komitmen India dalam memanfaatkan teknologi baru sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: