Bank Sentral India Umumkan Rencana CBDC Rupee Digital

Bank Sentral India Umumkan Rencana CBDC Rupee Digital

Reserve Bank of India(RBI) baru-baru ini menguraikan fitur dan alasan di balik usulan penerbitan Central Bank Digital Currency (CBDC) yang sedang dikembangkannya. Usulan penerbitan CBDC di India ini terdiri atas 51 halaman catatan penjelasan pengelolaan CBDC di India yang diterbitkan pada 7 Oktober 2022 yang lalu.

India Sadari Pentingnya Pengembangan CBDC

India
CNBC

Dilansir dari laman Cointelegraph, dokumen yang dikeluarkan oleh bank sentral India merangkum motivasi utama penerbitan CBDC India dengan menyoroti kepercayaan, keamanan, likuiditas, serta integritas sebagai komponen utama mata uang digital yang berdaulat.

Motivasi utama penerbitan CBDC di India adalah untuk mengurangi biaya operasional dalam mengelola kas fisik di negara tersebut. RBI juga memuji peningkatan inklusi keuangan teknologi blockchain yang dinilai efisien dan inovatif.

Peningkatan jumlah pembayaran dan kemudahan pembayaran lintas batas juga menjadi salah satu tujuan penerbitan CBDC di India yang dijanjikan dapat diakses secara offline. Fitur ini dinilai akan sangat bermanfaat bagi masyarakat India yang tinggal di lokasi terpencil dan di daerah tanpa pasokan listrik yang stabil atau akses jaringan seluler.

Baca Juga: Bank Sentral Norwegia Gunakan Ethereum untuk Bangun Uang Digital

Tantangan yang Sempat Menghambat Pengembangan CBDC di India

India
Forkast

RBI telah lama menahan pengembangan blockchain dan cryptocurrency di India dengan alasan bahwa cryptocurrency dapat memberikan risiko yang signifikan bagi konsumen India karena volatilitas pasar.

Namun saat ini bank sentral negara India ingin meningkatkan kesadaran akan CBDC yang juga saat ini sedang dikembangkan oleh sejumlah bank sentral di seluruh dunia. Hal ini secara jelas menentukan tujuan dan pilihan India dalam mengadopsi teknologi keuangan berbasis blockchain dengan memperkenalkan rupee digital.

Bank Sentral India Siapkan Dua Model Pengelolaan CBDC

India
Smartprix

Dilansir dari laman Cointelegraph, rupee digital CBDC digambarkan memiliki manfaat yang sama dengan cryptocurrency. Hal ini mendorong pemerintah setempat untuk memastikan perlindungan konsumen agar konsumen dapat merasakan manfaat CBDC secara maksimal.

Bank sentral India juga menyinggung kemungkinan penerbitan dan pengelolaan CBDC secara langsung dan tidak langsung. Penerbitan CNDC secara langsung akan membuat RBI bertanggung jawab untuk mengelola seluruh sistem.

Di sisi lain, model tidak langsung akan melibatkan penggunaan perantara seperti bank dan penyedia layanan pembayaran lainnya ke dalam sistem pengelolaan CBDC di India.

Referensi:

Anirban Nag. India Plans Phased Central Bank Digital Rupee Launch. Diakses tanggal: 11-10-22

Gareth Jenkinson. India’s central bank outlines digital rupee CBDC plans. Diakses tanggal: 11-10-22

Manojit Saha. RBI unveils features of digital rupee, plans to launch pilot soon. Diakses tanggal: 11-10-22