Wih! Indeks Harga Dasar NFT Cardano Kini Lampaui Ethereum

author:

Wih! Indeks Harga Dasar NFT Cardano Kini Lampaui Ethereum

Pasar non-fungible token (NFT) baru-baru ini mengalami perubahan signifikan dengan Cardano menunjukkan kekuatan yang meningkat. Menurut data terbaru, indeks harga dasar NFT Cardano kini telah melampaui Ethereum, menandai pergeseran potensial dalam dominasi pasar NFT.

Perbandingan Harga Dasar NFT: Cardano vs Ethereum

nft cardano
Sumber: Twitter

Data dari Stocktwits NFT di atas menunjukkan bahwa indeks harga dasar NFT Cardano saat ini 22% lebih tinggi daripada Ethereum. Meskipun Ethereum telah lama mendominasi ruang NFT, tren terbaru menunjukkan peningkatan ketertarikan terhadap Cardano sebagai platform perdagangan NFT.

Baca juga: Kembalinya Era Keemasan NFT: Apakah 2021 Bisa Terulang?

Namun, meskipun Cardano menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dalam harga dasar NFT, Ethereum masih mendominasi dalam hal volume perdagangan keseluruhan. Data dari CryptoSlam menunjukkan bahwa Ethereum memiliki volume perdagangan sebesar $13,279,162 dengan 11,197 pembeli, sementara Cardano berada di peringkat kesembilan dengan volume perdagangan sebesar $180,637.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Cardano

nft cardano lampaui nft ethereum
Sumber: Forbes

Cardano, yang sebelumnya mendapat kritik karena kurangnya ekonomi DeFi dan NFT, kini menunjukkan potensi besar di ruang NFT.

Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini adalah pembaruan Vasil, yang membantu Cardano menjadi protokol NFT terbesar ketiga setelah Ethereum dan Solana pada September lalu.

Lebih lanjut, peningkatan Vasil bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi latensi blok, mendorong Dompet Aktif Unik (UAW) di blockchain Cardano mencapai puncak baru. Di sisi lain, dominasi Ethereum di ruang NFT telah berkurang terutama karena masalah kemacetan jaringannya dan biaya gas yang tinggi.

Baca juga: Krisis Royalti NFT: Keputusan Terbaru OpenSea Bikin Yuga Labs Tarik Dukungannya!

Dampak pada Harga Token Asli Ethereum dan Cardano

Meskipun ada lonjakan dalam harga dasar NFT, token asli Ethereum dan Cardano belum mencerminkan tren naik dari pasar NFT masing-masing. Selama 7 hari terakhir, token asli Cardano (ADA) mengalami penurunan sebesar 8,5%, dengan harga saat ini berada di $0,26. Sementara itu, Ethereum mengalami penurunan hampir 10% dalam seminggu terakhir.

Pada akhirnya, ketika pasar NFT terus berkembang, pergeseran dalam dominasi antara Ethereum dan Cardano menunjukkan dinamika yang berubah dalam industri. Meskipun Ethereum tetap menjadi pemain utama, pertumbuhan Cardano menunjukkan bahwa ada ruang untuk kompetisi dan inovasi di pasar NFT.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: