Perombakan Indeks Crypto di Hong Kong: Solana Naik, XRP Turun!

Perombakan Indeks Crypto di Hong Kong: Solana Naik, XRP Turun!

Pasar crypto di Hong Kong mengalami goncangan signifikan dengan perubahan komposisi dalam indeks mata uang virtual utama. Konsorsium Aset Virtual Hong Kong (HKVAC) telah mengumumkan pergantian dramatis dengan mengeluarkan XRP dan menggantikannya dengan Solana (SOL) dalam daftar lima besar mata uang crypto dunia. Langkah ini menandai perubahan penting dalam dinamika persaingan aset crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Posisi XRP Digantikan oleh Solana

HKVAC, yang memiliki reputasi dalam menilai dan mengindeks pasar aset digital, telah memilih untuk menyingkirkan XRP dari peringkat lima besar crypto global mereka. Sebagai gantinya, Solana, yang terkenal dengan jaringan blockchainnya yang efisien dan cepat, telah diangkat.

Keputusan ini diambil berdasarkan berbagai kriteria seperti kapitalisasi pasar, potensi investasi, dan tingkat likuiditas. Dalam waktu satu tahun terakhir, Solana telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan sebesar 436,5%.

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $39,92 miliar, SOL kini berada di urutan kelima dalam daftar mata uang crypto dengan nilai pasar terbesar. Di sisi lain, XRP mengalami penurunan drastis hingga 95% dalam beberapa minggu terakhir, dengan kapitalisasi pasar yang kini berada di angka $31,23 miliar.

Baca Juga: Hong Kong Siap Guncang Pasar Obligasi dengan Teknologi Tokenisasi!

AVAX Melonjak ke Top 10

hkvac press release
Sumber: Coinpedia

Perubahan di HKVAC tidak hanya terjadi pada lima besar, tetapi juga pada daftar 10 besar. Avalanche (AVAX) telah menggeser posisi Tron (TRX) dalam indeks 10 besar mata uang crypto global.

AVAX menunjukkan kenaikan yang menonjol, yang membawanya ke posisi ke-10 berdasarkan kapitalisasi pasar, meskipun pasar crypto lainnya mengalami penurunan. Dengan kenaikan harga sebesar 2,3% dalam beberapa hari terakhir, kapitalisasi pasar AVAX kini berada di $13,42 miliar.

Sementara itu, TRON berhasil bangkit dari penurunan yang terjadi selama pasar bear dari 2018 hingga 2020, dengan kenaikan mencapai 100% di tahun 2023.

Baca Juga: Fear & Greed Index Bitcoin Jatuh ke ‘Netral’, Apa yang Terjadi?

Penguatan Industri Crypto oleh Hong Kong

Hong Kong terus berinovasi untuk memajukan industri crypto di wilayahnya. Otoritas keuangan setempat telah mengumumkan rencana untuk mengizinkan dana yang diperdagangkan di bursa crypto spot.

Langkah ini diambil menyusul keputusan Amerika Serikat melalui Securities and Exchange Commission yang telah menyetujui 11 aplikasi ETF Bitcoin spot pada tanggal 10 Januari.

Lebih lanjut, HKVAC juga telah memperkenalkan beberapa token baru seperti Internet Computer (ICP), Near Protocol (NEAR), Optimism (OP), Injective (INJ), dan Immutable (IMX) ke dalam daftar indeks crypto global mereka. Ini menunjukkan dedikasi Hong Kong untuk menciptakan ekosistem crypto yang lebih beragam dan inklusif.

Kesimpulan:

Perombakan indeks crypto oleh HKVAC mencerminkan perubahan yang terjadi di pasar mata uang digital. Keputusan ini tidak hanya berdampak pada pandangan investor terhadap mata uang crypto tertentu, tetapi juga menandai babak baru dalam perkembangan pasar crypto secara global. Bagi para pengamat pasar crypto, perubahan ini merupakan indikator penting untuk memahami arah tren pasar di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: