Implementasi Polygon 2.0 Telah Dimulai dengan Perilisan 3 PIPs, Apa yang Perlu Diketahui?

author:

Implementasi Polygon 2.0 Telah Dimulai dengan Perilisan 3 PIPs, Apa yang Perlu Diketahui?

Polygon, proyek penskalaan Ethereum, telah mengambil langkah besar menuju masa depan dengan pengumuman resmi tentang implementasi Polygon 2.0. Dengan rilis tiga Polygon Improvement Proposals (PIPs) dan inisiasi migrasi dari token MATIC ke POL, Polygon menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum.

Visi Polygon 2.0 dan Tiga Proposal Perbaikan

polygon 2.0 dan proporsal perbaikan
Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan akun Twitter pada 14 September 2023, mereka mengumumkan bahwa implementasi Polygon 2.0 telah dimulai dengan dirilisnya 3 Proposal Perbaikan Polygon (PIP), dan peta jalan untuk Fase 0.

Baca juga: Pendiri Polygon Ungkap Pengembangan “Polygon 2.0” dan Kemitraan dengan Astar Network

Polygon Labs mengungkapkan visi mereka untuk ekosistem Ethereum layer-2 yang saling terhubung yang ditenagai oleh kriptografi zero-knowledge. Dengan rilis tiga PIPs, Polygon menandai awal dari transisi ke Polygon 2.0.

PIP-17 berfokus pada “Phase 0” dari Polygon 2.0, memastikan tidak ada tindakan yang diperlukan dari pengguna akhir dan pengembang selama pembaruan. PIP-18 mengusulkan implementasi token POL yang akan menggantikan token MATIC saat ini sebagai aset gas dan staking asli dari ekosistem Polygon.

Sementara itu, PIP-19 menyerukan pembaruan token gas asli di Polygon PoS dari MATIC ke POL dengan memastikan kompatibilitas mundur maksimum. Tujuannya adalah untuk memastikan properti kode token POL yang ditingkatkan tetap sama.

Penguatan Ekosistem dengan Teknologi Zero-Knowledge

Salah satu poin kunci dari visi Polygon 2.0 adalah penerapan teknologi zero-knowledge (ZK). Teknologi ini memungkinkan verifikasi informasi tanpa perlu mengungkapkan informasi itu sendiri, memberikan lapisan privasi tambahan bagi pengguna.

Dengan mengintegrasikan teknologi ZK, Polygon berupaya memberikan performa berbiaya rendah dan throughput tinggi untuk ekosistem Ethereum yang lebih luas. Ini menunjukkan komitmen Polygon untuk tidak hanya meningkatkan skalabilitas tetapi juga memastikan keamanan dan privasi transaksi.

Leih lanjut, penerapan teknologi zero-knowledge juga menunjukkan adaptasi dan inovasi yang sedang berlangsung dalam industri blockchain. Dengan menggabungkan teknologi terbaru dengan visi mereka untuk masa depan, Polygon menetapkan standar baru untuk solusi penskalaan blockchain.

Baca juga: Sui Network Integrasikan Fitur zkLogin untuk Mengakses DApps Lewat Google dan Facebook

Harga MATIC Naik 1,37% dalam Waktu 24 Jam

harga matic hari ini
Sumber: Pintu Market

Pengumuman besar ini telah mempengaruhi harga MATIC, yang melonjak lebih dari 1,37% dalam 24 jam terakhir pada 15 September 2023. Namun, respons pasar tampaknya lamban terhadap implementasi Polygon 2.0 dan migrasi token POL.

Meskipun ada beberapa kekhawatiran di komunitas tentang transisi ini, Polygon menekankan bahwa perubahan ini akan memberikan manfaat besar bagi ekosistem, terutama dalam hal skalabilitas dan likuiditas.

Dengan adanya migrasi ini, Polygon berharap untuk memperkuat posisinya sebagai solusi penskalaan utama untuk Ethereum, memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah.

Pada akhirnya, Polygon 2.0 menandai era baru bagi proyek penskalaan Ethereum ini. Dengan perubahan signifikan yang diusulkan dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan ekosistem, Polygon mungkin akan memainkan peran kunci dalam masa depan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: