Direktur IMF Ungkap Rahasia Digitalisasi Sebagai Kunci Inklusi Keuangan!

author:

Direktur IMF Ungkap Rahasia Digitalisasi Sebagai Kunci Inklusi Keuangan!

Dalam era digital saat ini, inklusi keuangan menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan. Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana IMF, baru-baru ini menyoroti pentingnya digitalisasi sebagai cara utama untuk meningkatkan inklusi keuangan dalam pidatonya.

Apa sebenarnya yang disampaikan oleh Georgieva dan bagaimana dampaknya bagi dunia keuangan global?

Digitalisasi: Solusi Utama Inklusi Keuangan

Dalam pidatonya di seminar Inklusi Keuangan Internasional Moneter di Marrakesh, Maroko, Georgieva menekankan bahwa digitalisasi adalah “cara paling penting” untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Baca juga: Aturan Baru Uni Eropa Wajibkan Perusahaan Crypto Bagikan Data Pajak Pelanggan!

Menurutnya, digitalisasi memfasilitasi bantuan kepada masyarakat, investasi, dan kemampuan ekonomi untuk mempercepat pertumbuhan. Sebagai contoh, dia mengutip transfer tunai digital di negara Afrika, Togo, yang diterapkan selama pandemi COVID-19.

Meski begitu, Georgieva juga mengingatkan tentang risiko stabilitas keuangan yang seringkali berkorelasi dengan digitalisasi.

IMF dan Regulasi Crypto

imf dan regulasi crypto
Generated by AI

IMF telah aktif dalam analisis regulasi kripto yang diperlukan. Pada 29 September lalu, IMF mengusulkan matriks penilaian risiko crypto (C-RAM) bagi negara-negara untuk mendeteksi indikator dan pemicu potensi risiko di sektor ini.

Dalam kerjasama dengan Bank for International Settlements (BIS), IMF merilis sebuah makalah sintesis yang mendukung pengawasan menyeluruh terhadap crypto daripada pelarangan total.

Rekomendasi tingkat tinggi dari makalah tersebut meliputi kerjasama lintas batas dan berbagi informasi antar regulator, serta menjamin akses ke data relevan yang disediakan oleh perusahaan kepada otoritas.

Baca juga: IMF Mendesak Regulasi Crypto, Tapi Bukan Pelarangan Total: Kenapa?

Masa Depan Digitalisasi dan Inklusi Keuangan

Dengan semakin meningkatnya peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari, digitalisasi diharapkan terus memainkan peran penting dalam inklusi keuangan.

Georgieva mendorong strategi nasional yang komprehensif untuk inklusi keuangan, namun tetap memperhatikan potensi risiko yang mungkin muncul.

Melalui pendekatan yang tepat, digitalisasi dapat menjadi kunci untuk mencapai inklusi keuangan yang lebih luas dan merata di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, digitalisasi telah membuka banyak peluang baru dalam dunia keuangan. Dengan panduan dan strategi yang tepat, kita dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menciptakan masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi semua orang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: