IMF Luncurkan C-RAM, 3 Langkah untuk Menilai Risiko Crypto!

IMF Luncurkan C-RAM, 3 Langkah untuk Menilai Risiko Crypto!

Dengan meningkatnya ketertarikan pasar terhadap crypto, Dana Moneter Internasional (IMF) telah memperkenalkan pendekatan tiga langkah yang dikenal sebagai Matriks Penilaian Risiko Crypto (C-RAM) untuk mengevaluasi risiko makro-keuangan yang terkait dengan crypto di berbagai negara. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendekatan C-RAM: Memahami Kompleksitas Risiko Crypto

decision tree
Sumber: IMF

Pendekatan C-RAM memungkinkan negara-negara untuk memahami risiko crypto langkah demi langkah sambil mempertahankan perspektif yang komprehensif.

Fase awal melibatkan penerapan metode pohon keputusan, yang berfokus pada evaluasi sifat “makrokritisikal” dari aset crypto dalam konteks ekonomi.

Makrokritisikalitas menilai isu ekonomi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap neraca pembayaran saat ini atau masa depan atau stabilitas domestik.

Baca Juga: IMF Mendesak Regulasi Crypto, Tapi Bukan Pelarangan Total: Kenapa?

Kuantifikasi dan Penilaian Risiko Crypto

Fase kedua C-RAM menekankan pada kuantifikasi risiko yang terkait dengan crypto dalam suatu ekonomi, yang dapat dilakukan melalui pemetaan risiko negara.

Di garis depan daftar kerentanan adalah pentingnya sistem. Ini mengukur signifikansi crypto atau elemen lain dalam ekosistem terhadap ekonomi.

Hal ini dapat dinilai menggunakan metrik seperti kapitalisasi pasar aset crypto sebagai persentase dari PDB atau indikator adopsi crypto suatu negara.

Baca Juga: IMF dan FSB Berikan Panduan Regulasi Aset Crypto untuk Era Baru di G20!

Rekomendasi IMF Mengenai Crypto

country risk mapping
Sumber: IMF

Langkah ketiga dalam mitigasi risiko crypto melibatkan penilaian crypto dari perspektif global. Meskipun data dan kerangka kerja regulasi untuk aset crypto masih terbatas, IMF merekomendasikan pemerintah menggunakan metode ini untuk proposal kebijakan crypto.

IMF juga menekankan bahwa penerapan regulasi pada penyedia layanan kripto dan penguatan protokol anti-pencucian uang akan lebih efektif dibandingkan dengan pelarangan total aset digital.

Dengan pendekatan C-RAM, IMF menawarkan kerangka kerja yang komprehensif untuk memahami dan mengatasi risiko yang terkait dengan crypto. Ini menandai langkah penting dalam upaya global untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam sistem keuangan yang ada dengan cara yang aman dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: