Gebrakan IMF! Sedang Kembangkan Platform Cryptocurrency Global!

Gebrakan IMF! Sedang Kembangkan Platform Cryptocurrency Global!

Dalam langkah yang siap untuk merombak lanskap keuangan, dikabarkan bahwa International Monetary Fund (IMF) sedang mengembangkan platform cryptocurrency global.

Tujuan utama proyek ini adalah untuk menyediakan lingkungan yang mendorong inklusi finansial, meningkatkan efisiensi sistem pembayaran, dan mempercepat pembayaran dan pengiriman uang lintas negara.

Potensi Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDCs)

Central Bank Digital Currencies (CBDCs), pada dasarnya merupakan bentuk digital dari mata uang fiat suatu negara, bisa menjadi perubahan signifikan bagi sejumlah besar individu yang saat ini terpinggirkan dari sistem keuangan.

Baca Juga: Ketua Pelaksana IMF Lebih Setuju Untuk Meregulasi Crypto Daripada Melarangnya?

Dengan potensi untuk membuat layanan keuangan lebih mudah diakses dan terjangkau, CBDCs juga bisa memperkuat ketahanan sistem pembayaran, menyediakan alternatif yang lebih cepat dan murah untuk transaksi lintas batas.

Kerangka Regulasi Universal dan Pendekatan Kolektif

imf adalah
Unsplash

Namun, IMF sadar akan potensi jebakan dan telah menyampaikan kekhawatiran tentang risiko stabilitas finansial, privasi data, tantangan hukum, dan ancaman cyber jika mata uang digital ini tidak dirancang dan diatur dengan baik.

Untuk memitigasi risiko ini, sangat penting untuk menghindari inisiatif nasional yang terpisah dan malah menargetkan sistem yang saling beroperasi secara global.

Kristalina Georgieva, direktur pelaksana IMF, menekankan kebutuhan akan pendekatan kolektif terhadap CBDCs dalam konferensi terbaru untuk bank sentral Afrika.

Baca Juga: Moody’s: Euro dan Yuan Bukan Ancaman Bagi Dolar AS sebagai Mata Uang Cadangan Dunia

Sejalan dengan ini, IMF mendesak bank sentral untuk sepakat tentang kerangka regulasi universal untuk mata uang digital.

Pendekatan ini dilihat sebagai kunci untuk mencegah cryptocurrency terdesentralisasi mengisi potensi kekosongan yang diciptakan oleh fragmentasi nasional.

Pengembangan platform CBDC global di bawah naungan IMF merupakan langkah signifikan dalam arah ini.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: