IMF Desak Ukraina untuk Segera Sahkan Regulasi Crypto!

author:

IMF Desak Ukraina untuk Segera Sahkan Regulasi Crypto!

Jakarta, Pintu News – Dalam upaya memperkuat ekonomi yang terdampak oleh konflik berkelanjutan, Dana Moneter Internasional (IMF) mendesak Ukraina untuk mempercepat pengesahan legislasi crypto.

Alex Bornyakov, Wakil Menteri Transformasi Digital, menekankan pentingnya sektor ekonomi baru ini untuk masa depan Ukraina, menggarisbawahi urgensi dan potensi manfaat ekonomi yang signifikan dari legalisasi crypto.

Desakan IMF dan Respons Ukraina

imf adalah
Sumber: Unsplash

IMF telah menekankan pentingnya Ukraina untuk menyelesaikan pembaruan legislasi aset virtual sebelum akhir tahun 2024.

Baca juga: Ukraina Tingkatkan Keahlian dalam Investigasi Kejahatan Finansial Berbasis Crypto

Bornyakov menyoroti bahwa legalisasi crypto dapat menghasilkan omzet yang substansial, menunjukkan bahwa kejelasan regulasi sangat penting untuk stabilitas ekonomi.

Dua rancangan undang-undang telah diajukan untuk mengatur aset virtual di Ukraina. RUU No. 10225, yang berfokus pada perpajakan dan diajukan oleh Komisi Pasar Saham dan Sekuritas Nasional, serta RUU No. 10225-1, yang diajukan oleh Kementerian Digital dan Perwakilan Bisnis Crypto, bertujuan untuk menetapkan kerangka kerja regulasi.

Kedua RUU tersebut telah diterima untuk pertimbangan parlemen.

Langkah Strategis Menuju Regulasi

Penandatanganan undang-undang “Tentang Aset Virtual” oleh Presiden Zelenskyy pada Maret 2022 menandai komitmen Ukraina terhadap regulasi crypto.

Yuriy Boyko dari Komisi Pasar Saham dan Sekuritas Nasional juga menyoroti kesesuaian Ukraina dengan regulasi crypto Uni Eropa.

Bornyakov menekankan pentingnya tindakan cepat, meyakini bahwa regulasi yang jelas akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperkuat kepercayaan internasional.

Di tengah tantangan geopolitik, pengembangan kerangka kerja regulasi crypto yang kuat muncul sebagai langkah kritis menuju ketahanan ekonomi dan keterlibatan global.

Baca juga: Perkembangan Regulasi Crypto di Tahun 2024: Prediksi dan Perspektif

Dampak Potensial dan Harapan Masa Depan

Legalitas dan regulasi crypto di Ukraina diharapkan dapat membuka peluang ekonomi baru dan menarik investasi asing. Ini tidak hanya akan meningkatkan ekonomi Ukraina tetapi juga menempatkan negara tersebut sebagai pemain kunci dalam pasar crypto global.

Kesediaan Ukraina untuk beradaptasi dengan regulasi crypto menunjukkan komitmennya terhadap inovasi dan kemajuan teknologi.

Dengan dukungan dari IMF dan komunitas internasional, Ukraina berada di jalur yang tepat untuk memanfaatkan potensi penuh dari sektor crypto.

Dalam menghadapi tantangan ekonomi dan geopolitik, Ukraina dan IMF bekerja sama untuk memastikan bahwa negara tersebut tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang melalui adopsi dan regulasi crypto.

Langkah ini diharapkan akan membawa stabilitas, pertumbuhan, dan kemakmuran bagi Ukraina di masa yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Cryptonomist