Iliad Group Prakarsai AI di Prancis dengan Investasi Sebesar $105 Juta!

author:

Iliad Group Prakarsai AI di Prancis dengan Investasi Sebesar $105 Juta!

Grup Iliad Prancis, salah satu raksasa telekomunikasi, telah mengumumkan ambisi besar di bidang kecerdasan buatan (AI) dengan investasi sebesar €100 juta ($105 juta). Dengan industri AI yang dilihat sebagai revolusi berikutnya setelah internet, langkah besar ini menunjukkan betapa seriusnya Prancis dalam memimpin lomba teknologi global.

Menggagas Lab Riset AI di Paris

iliad group investasi ke ai
Sumber: Inside Telecom

Baru-baru ini, grup Iliad telah menginvestasikan sekitar $105 juta untuk mendirikan sebuah lab riset AI di Paris. Lab ini dirancang untuk menjadi pusat keunggulan dalam penelitian AI.

Xavier Niel, ketua Grup Iliad, menyatakan keinginannya untuk selalu berada di garis depan setiap revolusi teknologi. Ia mengingat bagaimana 25 tahun yang lalu revolusi adalah internet, dan sekarang saatnya untuk AI.

Baca juga: Melangkah ke Dunia AI, Tether (USDT) Berinvestasi Sebesar $420 Juta di Chip Nvidia!

Selain mendirikan lab, Iliad juga telah membeli NVIDIA DGX SuperPOD yang dilengkapi dengan sistem NVIDIA DGX H100, yang diklaim sebagai platform superkomputasi AI paling canggih di dunia.

Membangun Ekosistem AI di Prancis

Xavier Niel menekankan pentingnya membangun ekosistem AI yang kuat di Prancis. Lab riset yang akan didirikan bertujuan untuk mengembangkan AI umum yang dapat diakses oleh semua orang dan membuat riset AI tersedia untuk publik.

Selain itu, Iliad juga telah memperoleh apa yang mereka sebut sebagai “superkomputer AI cloud-native paling kuat yang dikerahkan hingga saat ini di Eropa”. Superkomputer ini ditempatkan di Datacenter 5 Iliad di dekat Paris.

Dengan perolehan superkomputer Nvidia ini, Niel menekankan pentingnya memiliki kekuatan komputasi untuk bersaing di pasar AI.

Baca juga: Sam Altman CEO OpenAI: Menimbang Antara Regulasi AI yang Ketat dan Inovasi!

Mendorong Inovasi AI di Tingkat Internasional

Sebuah anak perusahaan Iliad, Scaleway, kini berencana menawarkan klien-kliennya akses ke rangkaian lengkap alat AI cloud-native, termasuk kemampuan untuk melatih berbagai model.

Damien Lucas, CEO Scaleway, menyatakan bahwa dengan alat-alat ini, perusahaan Eropa dapat meningkatkan inovasi mereka dalam AI dan bersaing di tingkat internasional.

Langkah ini datang setelah Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, mengumumkan inisiatif untuk membantu startup AI dengan akses cepat ke superkomputer di Eropa.

Dengan investasi besar dan komitmen kuat dari Grup Iliad, masa depan cerah bagi industri AI di Prancis tampaknya sudah di depan mata. Langkah-langkah ini tidak hanya menunjukkan ambisi Prancis di panggung global tetapi juga potensi besar AI dalam mendefinisikan masa depan teknologi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: