Space10 dan IKEA Guncang Dunia Desain, Buat Sofa Lipat Ringan Pakai AI?

Space10 dan IKEA Guncang Dunia Desain, Buat Sofa Lipat Ringan Pakai AI?

Space10, sebuah studio desain independen yang didukung oleh dan menciptakan desain untuk IKEA, perusahaan furnitur terkemuka asal Swedia, telah menggunakan pembelajaran mesin untuk membangun sofa datar berbobot hanya 10 kg yang bisa muat di dalam amplop! Simak berita lengkapnya berikut ini!

Memadukan AI dan Desain dalam Menciptakan Furnitur Masa Depan

sofa lipat ikea
Sofa yang dilipat (kiri) dan sofa yang tidak dibongkar (kanan). Gambar: Space10

Dilansir dari Decrypt, proyek inovatif ini dimulai sebagai tantangan untuk menggunakan pembelajaran mesin dalam mendesain sofa lipat yang bisa muat di dalam amplop.

Item ini dibangun bersama dengan perancang Swiss Panter&Tourron, menjadi modular dengan sayap dan bantal yang bisa disusun ulang.

Namun, produk ini belum tersedia untuk penjualan dan saat ini sedang dipamerkan sebagai bagian dari pameran desain AI dan Festival Arsitektur Copenhagen.

Baca Juga: Gratis! Google Cloud Hadirkan Kursus Tentang Sistsem AI Generatif, Tertarik Ikut?

“Conversation Pit”: Kata Kunci yang Mendorong Kreasi AI

sofa lipat amplop
Sumber: Space10

Versi akhir dari sofa ini ditemukan setelah ratusan iterasi, namun prompt kunci yang memberikan sofa karakter khasnya adalah kata-kata “conversation pit.”

Setelah kata-kata tersebut diberikan kepada pembelajaran mesin, desain generatifnya mulai memasukkan orang yang duduk di sofa menghadap satu sama lain. Dan begitulah, sofa baru yang revolusioner lahir, membawa era mesin baru dalam desain paket datar.

Baca Juga: Masa Depan Musik di Tangan AI? Eksekutif Warner Music Group Ungkap Peluang dan Tantangan!

Apa Manfaat Menggunakan Teknologi AI?

Manfaat kecerdasan buatan terlalu banyak untuk dihitung. Bagi para pendukung, AI adalah alat yang akan meringankan beban kerja kita, meningkatkan desain kita dan berpotensi membuka era baru dalam kesehatan, pendidikan, pekerjaan, rekreasi, kreativitas dan hampir semua upaya manusia lainnya.

Namun, semakin banyak ahli teknologi dan tokoh terkemuka yang semakin vokal tentang perlunya regulasi global pengembangan sistem pembelajaran mesin lanjutan untuk mempersiapkan kedatangan kognisi buatan manusia atau Artificial General Intelligence (AGI).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: