Identitas Satoshi Nakamoto: Bukti Terbaru Menunjukkan Bukan Hal Finney

Identitas Satoshi Nakamoto: Bukti Terbaru Menunjukkan Bukan Hal Finney

Jameson Lopp, salah satu pendiri Casa, sebuah perusahaan yang berfokus pada penyimpanan Bitcoin, baru-baru ini membantah spekulasi yang mengidentifikasi Hal Finney sebagai Satoshi Nakamoto, sang pencipta Bitcoin. Lopp, dalam blognya yang diposting pada 21 Oktober, memperkenalkan bukti baru yang menyangkal teori tersebut.

Bukti Terbaru dari Jameson Lopp

Bukti kunci yang diajukan oleh Lopp adalah data dari lomba lari 10 mil yang diadakan di Santa Barbara, California pada 18 April 2009. Data tersebut menunjukkan bahwa Finney mengambil bagian dalam lomba “Santa Barbara Running Company Chardonnay 10 Miler & 5K,” yang dimulai pada pukul 8 pagi waktu Pasifik dan berakhir dalam 78 menit.

Baca Juga: Mengenal Hal Finney, Tanpanya Bitcoin Gak Punya Masa Depan!

Waktu lomba ini bertepatan dengan pertukaran email antara Satoshi dan Mike Hearn, salah satu pengembang Bitcoin awal. Lopp menegaskan bahwa selama 78 menit Finney berlari, sangat tidak mungkin dia berkomunikasi melalui email atau berinteraksi dengan komputer.

Data On-Chain dan Keterlibatan Satoshi

patung perunggu pencipta Bitcoin
Bitcoin Magazine

Lopp juga menunjukkan bahwa data on-chain mendukung argumennya. Dari email antara Hearn dan Nakamoto, terlihat bahwa Nakamoto melakukan transaksi sebesar 32,5 BTC selama periode tertentu. Transaksi ini terjadi pada blok 11.408, yang ditambang pada pukul 8:55 pagi waktu California, sekitar 55 menit setelah lomba Finney dimulai.

Selain itu, Lopp menunjukkan bahwa Nakamoto aktif dalam pengkodean dan berpartisipasi dalam berbagai forum online selama periode ketika Finney berjuang dengan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yang telah mengganggu penggunaan keyboardnya secara signifikan.

Hal Finney Bukanlah Satoshi Nakamoto

Dengan bukti-bukti ini, Lopp berhasil membuktikan bahwa Hal Finney bukan Satoshi Nakamoto. Namun, Lopp mengakui bahwa ada penolakan terhadap argumennya.

Dia juga meyakini bahwa Bitcoin diciptakan oleh satu pengembang, bukan oleh sekelompok pengembang. Menurut Lopp, “Bitcoin lebih baik dengan identitas Satoshi yang tetap tidak diketahui. Seorang individu dapat dikritik dan diserang secara politis. Sebuah mitos akan bertahan sepanjang waktu.”

Kesimpulan

Dengan bukti-bukti baru ini, spekulasi tentang identitas sebenarnya dari Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin, semakin meningkat. Namun, misteri ini tetap menjadi salah satu teka-teki yang belum terpecahkan dalam dunia crypto.

Baca Juga: Misteri Penemu Bitcoin, Bukti Baru Menunjukkan Hal Finney Bukanlah Satoshi Nakamoto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi