Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin: Bukan Sekedar Seorang Individu?

Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin: Bukan Sekedar Seorang Individu?

Sejak awal kelahiran Bitcoin, identitas penciptanya, Satoshi Nakamoto, tetap menjadi misteri yang dalam, berubah menjadi salah satu teka-teki paling menarik sepanjang masa.

Sementara banyak spekulator membayangkan seorang jenius soliter di balik penciptaannya, ada kemungkinan bahwa arsitek anonim ini sebenarnya bisa jadi adalah sebuah entitas kolektif.

Mari kita dalami instalasi ke-14 dari seri “Banyak Fakta” Satoshi, di mana kita mengeksplorasi bukti yang menunjukkan kemungkinan bahwa otak di balik penciptaan Bitcoin mungkin memang sebuah kelompok, bukan individu.

‘Banyak Fakta’ Menunjukkan Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin, Mungkin Lebih dari Satu Orang

Dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin.com News telah merilis serangkaian artikel berjudul seri “Banyak Fakta” Satoshi. Artikel-artikel ini menyajikan berbagai bukti, yang menunjukkan kemungkinan identitas pencipta Bitcoin yang misterius, Satoshi Nakamoto.

Di antara individu yang dimasukkan dalam daftar tersebut adalah Paul Le Roux, Sergey Nazarov, Dorian Nakamoto, dan Hal Finney, di antara lainnya.

Selain itu, seri ini juga telah menampilkan kisah yang merenungkan kemungkinan bahwa penemu Bitcoin mungkin tidak akan pernah muncul lagi.

Meskipun sebagian besar artikel ini menyoroti tokoh individu, ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa Satoshi Nakamoto mungkin bukan entitas tunggal, melainkan sebuah kolektif.

Bukti awal yang menunjukkan Satoshi sebagai kolektif bukan individu adalah penggunaan “kami” dalam whitepaper Bitcoin.

Secara mencolok, Nakamoto menggunakan kedua “kami” dan “saya,” mengisyaratkan kemungkinan tim yang beroperasi di bawah pseudonim tunggal. Bukti lainnya dari whitepaper tersebut termasuk teks bahasa Inggrisnya yang sempurna.

Banyak Fakta yang Menunjukkan Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin, Mungkin Lebih dari Satu Orang

Whitepapar Bitcoin yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto. Makalah tersebut sebagian besar bebas dari kesalahan, menampilkan bahasa yang tepat, struktur yang koheren, dan penggunaan istilah teknis yang kompleks dengan akurat.

Meskipun sederhana dalam pemahaman, dokumen Nakamoto mempertahankan standar tinggi yang sinonim dengan penulisan teknis dan akademis.

Menariknya, gaya penulisan Nakamoto tampak berbeda secara signifikan dalam forum dan korespondensi email.

Adanya perbedaan mencolok antara gaya penulisan Nakamoto dalam whitepaper Bitcoin dan postingan forum dalam hal konsistensi dan tata bahasa, menunjukkan bahwa Nakamoto bisa jadi adalah sebuah kelompok.

Diskusi analisis linguistik 2018 tentang postingan forum Bitcointalk Satoshi yang luas menunjukkan berbagai gaya penulisan, mendukung lebih lanjut hipotesis beberapa individu di balik pseudonim tersebut.

Baca Juga: Siapa itu Satoshi Nakamoto, Sosok Penemu Bitcoin?

Namun, ada satu karakteristik yang konsisten di semua komunikasi tertulis Nakamoto — penggunaan spasi ganda setelah setiap kalimat, sebuah konvensi yang diikuti dengan teliti dalam penulisan forum dan email, serta whitepaper.

Beberapa berpendapat bahwa timestamp Nakamoto pada pesan, seperti email, mungkin menunjukkan banyak individu di balik pseudonim tersebut.

Misalnya, ada teori yang menunjukkan asal penulisan Nakamoto di U.K., sementara yang lain menegaskan bahwa California sebagai lokasi penemu tersebut.

Sebuah review berjudul “Zona Waktu Satoshi Nakamoto” menekankan analisis aktivitas jam Nakamoto yang diterbitkan pada 2011.

Studi ini menyimpulkan bahwa Satoshi kemungkinan besar tinggal di zona waktu EST di AS. Jika Satoshi Nakamoto memang sebuah kelompok dan bukan individu tunggal, ada kemungkinan bahwa berbagai zona waktu bisa dijangkau.

Banyak Fakta yang Menunjukkan Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin, Mungkin Lebih dari Satu Orang

Orang-orang bertanya-tanya bagaimana seorang individu bisa menjadi ahli di semua bidang akademik ini, karena penemuan Satoshi bergantung pada semuanya.

Indikasi tambahan bahwa Nakamoto mungkin adalah kolektif bukan individu tunggal adalah kompetensi pencipta dalam berbagai area: ilmu komputer, matematika, bahasa Inggris sempurna seperti yang ditunjukkan dalam whitepaper, teori permainan, dan keberhasilan menyembunyikan identitas pencipta Bitcoin selama lebih dari satu dekade.

Baca Juga: 3 Orang Ini Diduga Kuat Pencipta Bitcoin! Siapa Sosok Misterius Satoshi Nakamoto Sebenarnya?

Hal ini pada akhirnya memunculkan pertanyaan: Bagaimana mungkin seorang individu memiliki serangkaian keterampilan yang begitu beragam sambil tetap menghindar hingga hari ini?

Meski teori dan detail yang meyakinkan menunjukkan bahwa Nakamoto mungkin adalah beberapa individu, tidak ada bukti yang secara definitif mengonfirmasi ini.

Seperti semua entri lainnya dalam seri “Banyak Fakta” Satoshi, tidak ada indikator pasti yang menunjukkan identitas sebenarnya Nakamoto.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: