Gak Pake KTP, Turki Gunakan Identitas Digital Berbasis Blockchain untuk Layanan Publik Online!

Gak Pake KTP, Turki Gunakan Identitas Digital Berbasis Blockchain untuk Layanan Publik Online!

Turki berencana untuk menggunakan teknologi blockchain selama proses login untuk mengakses layanan publik online. E-Devlet, portal pemerintah digital Turki yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan publik, akan menggunakan identitas digital berbasis blockchain untuk memverifikasi identitas warga Turki saat login ke aplikasi.

Bagaimana teknologi blockchain ini bekerja pada aplikasi tersebut? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman Cointelegraph berikut ini.

Wakil Presiden Turki Yakin Layanan Online Blockchain Lebih Aman

Wakil Presiden Turki Yakin Layanan Online Blockchain Lebih Aman
VOI

Fuat Oktay, wakil presiden Turki, pada acara Digital Turkey 2023 mengatakan bahwa warga Turki akan segera dapat menggunakan identitas digital berbasis blockchain untuk mengakses aplikasi e-wallet.

Baca Juga: Studi Ungkap Turki Terobsesi Crypto Terutama Doge. Tingkat Inflasi Hingga 80,5% Jadi Salah Satu Alasannya?

Oktay menyebutkan bahwa aplikasi berbasis blockchain ini merupakan revolusi dalam upaya pengembangan e-government. Ia juga menambahkan bahwa layanan online ini lebih aman dan dapat diakses dengan blockchain.

Penggunaan teknologi blockchain dalam identitas digital layanan publik online ini akan memungkinkan pengguna dalam menyimpan informasi digital mereka di ponsel mereka.

Perkembangan Terkini CBDC Lira Digital

Perkembangan Terkini CBDC Lira Digital
CoinDesk

Fuat Oktay mengatakan bahwa:

“Dengan menggunakan sistem login dalam lingkup aplikasi e-wallet, warga negara Turki akan dapat mengakses e-Devlet dengan identitas digital yang dibuat di jaringan blockchain.”

Turki faktanya telah mengumumkan beberapa proyek yang terintegrasi dengan teknologi blockchain selama bertahun-tahun. Negara tersebut berencana untuk fokus mengembangkan infrastruktur blockchain nasional pada tahun 2019 yang lalu. Salah satu dari berbagai rencana adopsi teknologi blockchain di Turki adalah pengembangan proyek CBDC Lira digital.

Dilansir dari Decrypt, per 30 Desember 2022, Bank sentral Turki mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan serangkaian tes pertama untuk mata uang digital yang telah lama direncanakan.

Selain itu, Bank Sentral Republik Turki (CBRT) juga mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk terus menjalankan pengujian Lira, mata uang Turki, digital pada tahun 2023. Seperti apa hasil dari uji coba peluncuran Lira digital tersebut? Simak berita selengkapnya mengenai Turki Siap Luncurkan Mata Uang Digital di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: