Marketplace Ini Niru Ide Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto?

Marketplace Ini Niru Ide Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto?

Bitcoin fork, yang dikenal sebagai Particl, baru saja mengumumkan perilisan marketplace seperti eBay yang telah diintegrasikan ke dalam wallet-nya.

Marketplace ini dibangun menggunakan smart contract blockchain. Uniknya, konsep marketplace ini berasal dari konsep yang pertama kali diusulkan oleh Satoshi Nakamoto.

Kok bisa? Plagiat dong? Simak informasi selengkapnya mengenai marketplace ini seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Mimpi Satoshi Sejak 2011 Terwujudkan Oleh Particl!

Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, dilaporkan menghilang pada tahun 2011 setelah diundang untuk bertemu dengan CIA atau Central Intelligence Agency. E-mail terakhirnya menyatakan bahwa Satoshi sedang mengerjakan marketplace yang dibangun menggunakan jaringan Bitcoin.

Ngomong-ngomong, siapa itu Particl?

Particl adalah marketplace asal Swiss seperti Amazon dan eBay yang dirilis pada tahun 2014.

Marketplace ini memungkinkan pembeli dan penjual untuk dapat melakukan transaksi barang tanpa risiko ditipu. Marketplace ini juga menampilkan pesan obrolan terenkripsi antara pembeli dan penjual secara anonim untuk memberikan privasi transaksional yang cukup besar.

Marketplace Particl Berikan Kebebasan Bagi Pembeli dan Penjual

Marketplace Particl Berikan Kebebasan Bagi Pembeli dan Penjual
Finbold

Selama pandemi Covid, penjualan banyak barang penting dibatasi pada platform tradisional seperti Amazon dan eBay karena aturan pencabutan harga.

Akibatnya, banyak penjual memanfaatkan sistem tata kelola terdesentralisasi Particl yang tidak menawarkan batasan penjualan.

Barang-barang seperti ribuan unit APD, hand sanitizer, dan tes Covid muncul di platform tersebut dan memudahkan banyak pembeli juga penjual untuk saling bertransaksi di tengah situasi pembatasan penjualan.

Baca Juga: Bisa Berinteraksi Sama Atlet Favoritmu, eBay Luncurkan NFT Notable Live!

Marketplace Particl saat ini hanya memungkinkan pengguna membayar dalam PART, mata uang resmi milik Particl.

Selain itu, developer proyek ini juga dilaporkan sedang mengerjakan mekanisme untuk mendukung pembayaran menggunakan Monero, PIVX, FIRO, Dash, USDT, Litecoin, dan Bitcoin pada akhir tahun 2023 ini.

Jika marketplace Particl terinspirasi oleh Satoshi Nakamoto dan eBay, maka eBay kini terinspirasi untuk mengembangkan platform NFT

Apakah eBay memiliki pl;atform untuk menjual NFT-nya sendiri? Simak informasi selengkapnya mengenai eBay Luncurkan NFT Notable Live di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: