Terobosan IBM di 2029: Quantum Computing Akan Ubah Dunia!

Terobosan IBM di 2029: Quantum Computing Akan Ubah Dunia!

IBM telah mengumumkan bahwa pada tahun 2029, mereka akan mencapai titik balik dalam dunia quantum computing.

Dengan prosesor “Starling” yang mampu menjalankan 100 juta gerbang kuantum, IBM siap mengubah cara kamu memandang teknologi. Ini bukan sekadar peningkatan jumlah qubit, tetapi juga tentang kemampuan error correction dan fault tolerance yang lebih canggih.

Infrastruktur Quantum Masa Depan

IBM tidak hanya berfokus pada peningkatan jumlah qubit, tetapi juga pada pengembangan infrastruktur quantum yang lebih maju. Prosesor “Condor” dengan 1.121 qubit adalah bukti nyata dari kemajuan ini, menunjukkan peningkatan 50% dalam kepadatan qubit.

IBM juga memperkenalkan IBM Quantum System Two, sebuah sistem yang menggabungkan infrastruktur kriogenik dengan elektronik kontrol generasi ketiga dan server runtime klasik, yang menjadi dasar untuk komputasi kuantum skala besar di masa depan. IBM Quantum System Two kini beroperasi di laboratorium IBM di Yorktown Heights, NY.

Baca Juga: Ethereum Melonjak! Upgrade ‘Quantum Leap’ Starknet Resmi Diluncurkan

Sistem ini dirancang untuk mendukung eksekusi sirkuit kuantum secara paralel, yang merupakan langkah penting menuju superkomputasi berbasis quantum. Dengan tiga prosesor IBM Quantum Heron yang sudah terpasang, sistem ini menjanjikan era baru dalam komputasi kuantum yang skalabel.

Perangkat Lunak dan AI untuk Quantum

blockchain dan ai
The image created by AI

Perangkat lunak berperan penting dalam memanfaatkan sepenuhnya potensi hardware quantum. IBM mengumumkan Qiskit 1.0, yang akan dirilis pada Februari 2024, sebagai SDK komputasi kuantum yang performa tinggi. Qiskit 1.0 menawarkan peningkatan signifikan dalam konstruksi sirkuit, waktu kompilasi, dan konsumsi memori.

IBM juga memperkenalkan AI transpilation alpha untuk pengguna Premium, yang menggunakan pembelajaran penguatan untuk mengurangi jumlah gerbang dua qubit hingga 20-50%.

Selain itu, IBM memperkenalkan Qiskit Patterns dan Quantum Serverless, yang memungkinkan pengguna untuk membangun algoritma kuantum dan aplikasi skala besar dengan lebih mudah, serta memanfaatkan infrastruktur komputasi heterogen.

IBM telah memperbarui peta jalan mereka hingga tahun 2033, menandai era baru dalam inovasi quantum. Dengan prosesor “Blue Jay” yang diharapkan dapat menjalankan 1 miliar gerbang pada tahun 2033, IBM menunjukkan komitmennya untuk mencapai superkomputasi berbasis quantum.

Selain itu, IBM Quantum Safe siap membantu perusahaan dalam mengamankan data mereka dari ancaman komputasi kuantum, dengan menawarkan solusi kriptografi yang aman. Era baru ini tidak hanya tentang peningkatan teknis, tetapi juga tentang bagaimana quantum computing dapat diintegrasikan ke dalam berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan dan industri.

IBM telah membuka akses ke sistem kuantum lebih dari 100 qubit melalui berbagai rencana akses, memungkinkan lebih banyak orang untuk memulai perjalanan mereka di dunia quantum.

Paragraf Penutup

Dengan kemajuan yang diumumkan oleh IBM, masa depan komputasi kuantum tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Tahun 2029 akan menjadi titik balik di mana teknologi ini tidak hanya menjadi alat eksperimental, tetapi juga menjadi kekuatan yang dapat mengubah berbagai aspek kehidupan. Saatnya bagi kamu untuk bersiap menyambut revolusi yang akan dibawa oleh quantum computing.

Baca Juga: Gandeng Quantum Temple, Indonesia Bakal Buat NFT Untuk Warisan Budaya. Ini Kata Kemenparekraf!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi