Merek Jam Tangan Mewah Hublot Rilis 13 Koleksi NFT Unik, Harganya Bikin Elus Dada

author:

Merek Jam Tangan Mewah Hublot Rilis 13 Koleksi NFT Unik, Harganya Bikin Elus Dada

Bekerja sama dengan seniman Jepang terkenal, Takashi Murakami, merek jam tangan mewah dari Swiss, Hublot, baru saja merilis koleksi jam tangan dunia nyata yang ditautkan dengan token non-fungible (NFT) dengan harga 50,000 CHF atau setara dengan Rp800 juta.

Hublot Gandeng Takashi Murakami Rilis NFT dan Jam Tangan

Dilansir dari Geek Metaverse (4/2/23), pada sebuah acara eksklusif yang diadakan di Glass House di New York pada tanggal 2 Februari 2023, Hublot dan Takashi Murakami mengumumkan sebuah proyek seni bersama mereka yang keempat, yakni peluncuran 13 koleksi NFT baru beserta 13 jam tangan unik.

Hublot dan Takashi Murakami NFT
Sumber: Twitter

Kabar kerja sama antara Hublot dan Takashi Murakami juga disampaikan langsung oleh akun Twitter Hublot yang mengatakan bahwa proyek bersama ini merupakan lanjutan dari proyek-proyek mereka sebelumnya, dengan memberikan penghargaan kepada para kolektor NFT pertama melalui pendekatan eksklusif.

Terkait hal ini, Takashi Murakami mengatakan,

“Ketika kolaborasi saya dengan Hublot mulai diperkenalkan, kami menyadari bahwa kami dapat mewujudkan berbagai macam ekspresi kreatif yang baru. Setelah mengembangkan jam tangan dan karya seni virtual secara kolektif, kami membayangkan cara-cara baru untuk masuk ke dunia seni modern.”

Terinspirasi Dari Video Games dan Serial TV 1970-an

13 koleksi NFT dan jam tangan Hublot yang melibatkan Takashi Murakami ini terinspirasi dari video game dan acara televisi Jepang dari tahun 1970-an. Selain itu, koleksi NFT-nya juga akan dirancang seperti jam tangan Classic Fusion Takashi Murakami All Black, yang diluncurkan pada Januari 2021 lalu.

NFT baru yang ditautkan dengan 13 jam tangan fisik ini akan memulai debutnya di pameran dagang Watches & Wonders 2023 di Jenewa pada bulan April 2023. Menurut laporan Coindesk (4/2/23), setiap replika digital akan ditawarkan dalam warna pelangi yang unik serta menampilkan lambang bunga tersenyum khas Murakami.

Tak hanya itu, 12 jam tangan ini hanya dapat dibeli secara online dan eksklusif di hublot.com dengan harga 50,000 Swiss Franc atau setara dengan Rp800 juta. Geek Metaverse melaporkan bahwa koleksi baru ini hanya bisa diakses oleh pemilik setidaknya satu dari 324 NFT yang diterbitkan pada April 2022 lalu, yang merupakan kolaborasi ketiga Hublot dengan Takashi Murakami.

Baca juga: Gandeng Petinju Kelas Berat, JD Sports Rilis Permainan Arkade di Metaverse!

Menggabungkan Seni Pembuatan Jam Tangan dan Seni Digital

Menghadirkan hanya 12 jam tangan saja di laman resminya, Classic Fusion Takashi Murakami Black Ceramic Rainbow, jam tangan ke-13 atau yang terakhir dalam koleksi ini, diketahui telah diluncurkan pada acara Glass House, New York pada 2 Februari 2023. Koleksi jam tangan tersebut secara khusus dirancang menampilkan bunga berputar yang dihiasi dengan batu rubi, safir, batu tsavorit, dan batu topas. Tak hanya itu, efek kinetik kelopak bunga menciptakan efek yang mencolok pada kotak keramik hitam berukuran 45 mm. Bagian tengah bunga yang tersenyum diposisikan pada kristal safir untuk menciptakan efek tiga dimensi yang ditenagai oleh Unico Calibre, buatan Hublot dengan cadangan daya 72 jam.

Sementara itu, ke-12 NFT yang dibeli secara online nantinya dapat dijual kembali di OpenSea hingga April 2024. Jika seorang kolektor dapat membeli ke-12 NFT tersebut, maka ia berhak membeli jam tangan Classic Fusion Takashi Murakami Black Ceramic Rainbow. Jika tidak ada kolektor yang berhasil mendapatkan semua 12 NFT, jam tangan tersebut akan dijual secara lelang oleh Hublot untuk menggalang dana amal.

Melalui kerja sama mereka yang keempat ini, Hublot dan Takashi Murakami membawa jam tangan sebagai karya seni ke tingkat yang baru, di mana mereka menggabungkan seni pembuatan jam tangan yang bagus dengan seni digital.


Referensi: