HSBC Memperdalam Keterlibatannya dalam Uji Coba CBDC Hong Kong!

author:

HSBC Memperdalam Keterlibatannya dalam Uji Coba CBDC Hong Kong!

Kabar terbaru datang dari HSBC Hong Kong yang kini semakin memperdalam keterlibatannya dalam inisiatif mata uang digital dan uji coba mata uang digital bank sentral (CBDC) di Hong Kong.

Dengan langkah terbaru ini, HSBC berambisi untuk membawa revolusi dalam sistem pembayaran lintas negara yang lebih efisien dan transparan.

HSBC dan Otoritas Hong Kong Bersinergi

HSBC Hong Kong tengah mempercepat kerja sama dengan otoritas lokal dalam penerapan mata uang digital untuk pembayaran lintas negara. Luanne Lim, CEO HSBC HK, dalam wawancara dengan South China Morning Post, mengungkapkan bahwa bank tersebut juga berencana untuk terlibat dalam tokenisasi instrumen keuangan dan pilot mata uang digital bank sentral di Hong Kong.

Baca juga: Regulasi Baru Hong Kong Bikin Geger Pasar Crypto: Tether dan USDC Terancam!

Kerja sama ini diharapkan dapat membawa efisiensi, transparansi, dan pengurangan biaya dalam dunia keuangan tradisional. Meskipun detail spesifik belum diungkapkan, langkah ini menandakan komitmen HSBC dalam mengadopsi teknologi finansial terbaru.

Inovasi HSBC dalam Crypto dan Blockchain

hsbc ant group tokenisasi
Sumber: Finbold

HSBC telah menjadi pelopor dalam eksperimen keuangan di Hong Kong. Pada Juni 2023, bank ini memungkinkan kliennya untuk berdagang futures Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) melalui platform investasinya, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di kota tersebut.

Selanjutnya, pada November 2023, HSBC bermitra dengan perusahaan yang dimiliki Ripple untuk inisiatif blockchain yang ditujukan bagi klien institusional yang tertarik pada aset dunia nyata (RWA) yang dihosting di blockchain.

Sementara itu, badan pengatur seperti Securities and Futures Commission (SFC) dan Hong Kong Monetary Authority (HKMA) telah menyatakan kesiapannya untuk menerima aplikasi otorisasi dana dengan paparan crypto.

Baca juga: HSBC Memperbolehkan Bayar Hipotek dan Pinjaman dengan SHIB, XRP, dan DOGE!

Peningkatan Investasi di Hong Kong dan Singapura

Di awal Desember 2023, analis dari PitchBook mengungkapkan bahwa lebih dari 11% dari total pendanaan modal ventura global di sektor blockchain dan crypto dialokasikan untuk perusahaan yang berbasis di Hong Kong dan Singapura. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari alokasi yang hanya 2% pada tahun 2021.

Lebih lanjut, peningkatan ini mencerminkan minat yang tumbuh dan kepercayaan investor terhadap potensi pasar crypto dan blockchain di kedua pusat keuangan Asia tersebut. Dengan dukungan regulasi yang semakin matang, Hong Kong dan Singapura berpotensi menjadi pemimpin dalam inovasi keuangan digital di masa depan.

Secara keseluruhan, langkah HSBC Hong Kong ini menandai era baru dalam dunia keuangan digital, dengan potensi besar untuk mengubah cara kamu melakukan transaksi lintas negara. Dengan dukungan penuh dari otoritas lokal dan inovasi yang terus menerus, masa depan keuangan digital di Hong Kong tampaknya akan sangat cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: