HSBC dan Ant Group Membuka Era Baru Perbankan dengan Deposito Ter-tokenisasi!

author:

HSBC dan Ant Group Membuka Era Baru Perbankan dengan Deposito Ter-tokenisasi!

Dalam sebuah langkah revolusioner yang bisa mengubah wajah perbankan korporat, HSBC telah melakukan uji coba deposito ter-tokenisasi menggunakan platform blockchain Ant Group.

Percobaan ini, yang dilakukan di bawah naungan Fintech Supervisory Sandbox dari Hong Kong Monetary Authority (HKMA), memungkinkan klien korporat HSBC untuk memindahkan uang antar akun HSBC mereka dengan cepat dan efisien.

Inisiatif ini menandai langkah besar dalam penggunaan teknologi blockchain untuk manajemen kas perusahaan, memungkinkan transfer dana secara real-time dan di luar jam kerja bank.

Baca juga: HSBC Memperbolehkan Bayar Hipotek dan Pinjaman dengan SHIB, XRP, dan DOGE!

Tokenisasi Deposito: Solusi Manajemen Kas Masa Depan

aset tertokenisasi
Sumber: UnicSoft

Deposito ter-tokenisasi telah menjadi aplikasi umum dalam manajemen kas perusahaan. Perusahaan besar dengan anak perusahaan di seluruh dunia memerlukan cara yang efisien untuk memindahkan dana antara mereka.

Dengan deposito ter-tokenisasi, mereka dapat melakukan ini secara real-time dan tanpa terikat oleh jam operasional bank. Sebagai contoh, Siemens menggunakan platform JPM Coin dari JP Morgan untuk tujuan serupa.

HSBC mengungkapkan kegembiraan mereka dalam menerapkan konsep deposito ter-tokenisasi untuk membuka solusi manajemen kas generasi berikutnya bersama Ant Group.

Kemitraan Strategis HSBC dan Ant Group

hsbc buka layanan crypto
Sumber: Bitcoin News

HSBC telah mendukung solusi manajemen kas blockchain Ant Group sejak tahun 2020, memungkinkan transfer mata uang seperti HKD, CNY, USD, GBP, dan EUR. Kemitraan ini menunjukkan komitmen HSBC terhadap inovasi finansial dan keinginan mereka untuk menyederhanakan serta mengoptimalkan manajemen kas untuk klien mereka.

Baca juga: Hong Kong Siap Guncang Pasar Obligasi dengan Teknologi Tokenisasi!

Dengan teknologi blockchain, HSBC dan Ant Group berada di garis depan dalam menyediakan solusi perbankan yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih transparan.

Pengalaman HSBC dalam Uji Coba Deposito Ter-tokenisasi

HSBC bukanlah pemain baru dalam dunia deposito ter-tokenisasi. Mereka telah menjadi bagian dari uji coba Regulated Liability Network di Inggris dan AS, serta berpartisipasi dalam berbagai uji coba mata uang digital bank sentral (CBDC).

Ini termasuk uji coba interoperabilitas Swift dan platform CBDC lintas batas mBridge. Selain itu, HSBC juga terlibat dalam uji coba deposito ter-tokenisasi dengan Hang Seng Bank dan Visa sebagai bagian dari pilot eHKD CBDC di Hong Kong.

Secara keseluruhan, inisiatif HSBC dan Ant Group dalam deposito ter-tokenisasi menandai kemajuan signifikan dalam sektor perbankan dan manajemen kas.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, mereka menawarkan solusi yang lebih efisien dan aman untuk pergerakan dana korporat, menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi perbankan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: