HPCL India Mengadopsi Blockchain untuk Pesanan Pembelian yang Transparan!

author:

HPCL India Mengadopsi Blockchain untuk Pesanan Pembelian yang Transparan!

Hindustan Petroleum Corporation Limited (HPCL), salah satu perusahaan minyak terkemuka di India, telah memulai inisiatif berbasis blockchain untuk meningkatkan efisiensi sistem order pembelian dan melindungi dari pemalsuan.

Dalam langkah strategis ini, HPCL bermitra dengan Zupple Labs, startup Web3 dari India, untuk mengeluarkan order pembelian digital yang tahan tamper menggunakan LegitDoc yang dapat diverifikasi dengan segera di blockchain NEAR.

Mengubah Cara Kerja Order Pembelian

Keputusan HPCL untuk mengadopsi teknologi blockchain bertujuan utama untuk memerangi pemalsuan order pembelian, memudahkan proses bagi vendor yang mencari opsi pembiayaan perdagangan melalui kolateralisasi, bukti perputaran, dan partisipasi dalam pengadaan publik.

Baca juga: Apa itu Blockchain Developer? Ketahui Peran dan Gajinya di Sini!

Selama lima tahun terakhir, HPCL telah mengeluarkan order pembelian senilai luar biasa $52 miliar. Namun, ketiadaan kemampuan verifikasi order pembelian otomatis untuk permintaan pihak ketiga di luar HPCL menjadi tantangan.

Dengan integrasi LegitDoc, order pembelian yang sebelumnya rentan terhadap penipuan kini dapat didistribusikan kepada pemangku kepentingan yang relevan, memungkinkan peserta untuk memverifikasi order dengan cepat dan mudah dengan satu klik.

Pujian untuk Adopsi Blockchain

adopsi blockchain
Generated by AI

Neil Martis, pendiri Legit Doc, menyatakan antusiasmenya tentang adopsi HPCL atas teknologi mereka, LegitDoc, untuk mengamankan miliaran dolar nilai order pembelian.

Ia melihat ini sebagai bukti kepercayaan yang diberikan oleh bisnis dan pemerintah pada platform blockchain mereka selama bertahun-tahun, terutama dalam melindungi dokumen kritis.

Sebelumnya, administrasi Gadchiroli, Maharashtra, mengadopsi LegitDoc untuk mengeluarkan 65.000 sertifikat suku pada 2022. Teknologi ini juga digunakan untuk menghasilkan sertifikat vaksin COVID-19 pada 2021 di negara bagian Maharashtra.

Baca juga: Perusahaan Miliarder India Mukesh Ambani akan Merambah ke Platform Blockchain dan CBDC

Kesimpulan dan Dampak ke Depan

Kerjasama HPCL dengan Zupple Labs dan implementasi LegitDoc untuk mengamankan dan memverifikasi order pembelian menandai kemajuan signifikan dalam komitmen perusahaan terhadap transparansi dan efisiensi.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, HPCL memperkuat integritas order pembelian berharga tingginya dan menyediakan proses yang lebih efisien untuk vendor.

Pendekatan proaktif ini dalam mengadopsi blockchain adalah bukti dari pentingnya teknologi ini dalam meningkatkan keamanan dan kepercayaan dalam operasi bisnis modern dan layanan pemerintah.

Pada akhirnya, dengan mengadopsi teknologi blockchain, HPCL menunjukkan komitmennya untuk menjadi pemimpin dalam inovasi sektor minyak dan gas. Langkah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses order pembelian tetapi juga menegaskan potensi teknologi blockchain dalam menghadirkan solusi bisnis yang lebih aman dan andal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: