Hourglass Luncurkan Marketplace Setelah Mengumpulkan Dana Rp62 Miliar

author:

Array

Hourglass Luncurkan Marketplace Setelah Mengumpulkan Dana Rp62 Miliar

Start-up crypto, Hourglass, baru-baru ini merilis marketplace pertama di dunia untuk perdagangan Time-Bound Tokens (TBTs) atau Token Waktu Terikat, sebuah konsep unik yang men-token-kan aset yang di-stake pengguna dalam protokol keuangan desentralisasi (DeFi) berdasarkan periode lock-up-nya.

Inovasi ini muncul setelah Hourglass berhasil mengumpulkan $4,2 juta atau Rp62 miliar dalam putaran pendanaan awal yang dipimpin oleh Electric Capital.

Membawa Kebebasan dan Likuiditas ke Dunia DeFi

Masa Depan DeFi Menurut Founder Aave
The Economic Times

Mengutip laporan Coindesk (16/5/23), gagasan di balik peluncuran marketplace ini adalah untuk memungkinkan pengguna memperdagangkan posisi mereka dalam antrian untuk aset mereka yang dikunci, pada dasarnya mentransfer kepemilikan pengguna atas aset yang telah dikunci dalam protokol ke pembeli lain.

“Anda pada dasarnya bisa mengambil token waktu terikat dan kemudian Anda dapat dengan mudah mentransfer kepemilikannya,” kata Charlie Pyle, pendiri Hourglass.

Peluncuran marketplace Hourglass ini datang saat penyebaran Lido V2 berlangsung pekan ini. Startup ini akan men-token-kan antrian penarikan Lido, yang sebaliknya bisa “memblokir jalur keluar selama minggu atau bahkan bulan,” kata perusahaan dalam siaran pers.

Baca juga: Pasar Memecoin Menurun, Bagimana Nasib Shiba Inu (SHIB)?

Bagaimana Cara Marketplace dari Hourglass?

hourglass luncurkan marketplace
Twitter

Dengan kata sederhana, melalui TBTs, marketplace ini akan memungkinkan pengguna mendapatkan likuiditas aset mereka yang dikunci dengan menjual hak atas durasi waktu di pasar sekunder.

“TBTs adalah kelas token yang berkembang yang mewakili aset yang di-stake dalam protokol DeFi yang berkomitmen untuk periode waktu,” kata Hourglass dalam siaran pers.

Sebagai contoh, jika pengguna memiliki 10 Frax Ether dan men-stake-kan mereka ke dalam protokol Frax selama sebulan, pengguna akan menerima 10 TBTs, bersama dengan semua hadiah staking, yang dapat diperdagangkan di pasar.

Fitur Unik dari TBTs

Seperti marketplace sekunder lainnya, platform ini akan memungkinkan diskon pada TBTs berdasarkan durasi aset yang dikunci. Misalnya, trader bisa menawar diskon 3% pada Ether (ETH), yang memiliki periode lock-up 10 bulan dan diskon bisa berubah berdasarkan waktu aset dikunci, kata Pyle.

Lebih lanjut, aset yang dikunci, yang diwakili oleh TBT sebagai kepemilikan, akan disimpan melalui smart contract custodian, dan pada akhir periode lock-up, pengguna dapat menukarkan TBT mereka yang telah matang untuk aset tersebut, tambah Pyle.

Baca juga: Ankr Gandeng DMCC untuk Mensejahterakan Ratusan Bisnis Web3

Melalui perilisan marketplace ini, Hourglass mengubah cara pengguna berinteraksi dengan aset DeFi yang dikunci, membawa lebih banyak likuiditas dan fleksibilitas ke ruang ini.

Saat ini, Hourglass tidak akan mengenakan biaya apa pun untuk perdagangan di platform.


Referensi:

Array