Alokasikan Rp9,6 Miliar, Hong Kong Berhasil Menarik 150 Perusahaan Web3 dalam Setahun!

author:

Alokasikan Rp9,6 Miliar, Hong Kong Berhasil Menarik 150 Perusahaan Web3 dalam Setahun!

Hong Kong telah membuat kemajuan signifikan dalam memposisikan dirinya sebagai pusat internasional untuk teknologi mutakhir. Baru-baru ini, Cyberport Hong Kong dikabarkan telah menerima lebih dari 150 pendaftaran dari perusahaan Web 3.0 dalam setahun terakhir, menurut sekretaris keuangan kota tersebut.

Fokus pemerintah pada mempromosikan pengembangan berkualitas tinggi dan memupuk kolaborasi dengan sektor swasta telah menghasilkan pencapaian yang luar biasa dalam bidang cryptocurrency, Web 3.0, dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Alokasi Rp9,6 Miliar Hong Kong untuk Cyberport

perusahaan crypto mengejar lisesi hong kong
Forkast News

Sekretaris keuangan Hong Kong telah mengalokasikan 50 juta dolar Hong Kong atau setara dengan Rp9,6 miliar untuk Cyberport dengan tujuan menarik dan mengembangkan perusahaan Web3.

Ekosistem inovasi dan teknologi yang dinamis di Hong Kong telah menarik lebih dari 150 perusahaan, dengan kemajuan yang signifikan dalam bidang seperti cryptocurrency dan Web 3.0, Cyberport telah mengalami pertumbuhan pesat, dengan lebih dari 1.900 perusahaan komunitas dan beberapa daftar sukses dari startup berpotensi tinggi di bidang seperti logistik pintar dan platform perjalanan.

Perusahaan-perusahaan yang bergabung dengan Cyberport mencakup berbagai bidang, termasuk modal ventura Web3 dan pengembang game Anomica Brands, serta pengembang perangkat lunak Ethereum di balik dompet kripto MetaMask, Consensys. Keberagaman ini menunjukkan bagaimana Cyberport telah menjadi pusat bagi berbagai jenis perusahaan Web3, mencerminkan keberagaman dan inovasi dalam ekosistem Web3.

Baca juga: Curi Perhatian, Legislator Hong Kong Undang Operator Perdagangan Crypto

Selain itu, Cyberport juga telah menarik perusahaan seperti Hashkey Group, sebuah bursa cryptocurrency berlisensi, dan Animoca Brands, yang menunjukkan bagaimana Cyberport telah menjadi tempat yang menarik bagi perusahaan-perusahaan di ruang Web3.

Peningkatan Signifikan dalam Inovasi dan Teknologi

Hong Kong Science Park telah melihat peningkatan 30% tahun-ke-tahun dalam jumlah perusahaan yang menetap di sana, termasuk perusahaan “unicorn” yang mengkhususkan diri dalam chip prosesor data generasi berikutnya.

Untuk lebih meningkatkan inovasi, pemerintah telah mengalokasikan sumber daya yang signifikan, termasuk investasi 10 miliar yuan untuk “Rencana 1+ Industri-Universitas-Penelitian” dan dana co-investment 30 miliar yuan untuk perusahaan kunci strategis.

Kolaborasi dengan Area Teluk Besar dan Masa Depan Hong Kong

Seiring kota ini maju, Hong Kong berusaha memperkuat kolaborasinya dengan kota-kota Area Teluk Besar dan membangun pusat inovasi dan teknologi kelas dunia, berkontribusi pada kemajuan teknologi regional dan nasional.

Hong Kong terus menjadi pemain evolusioner dalam ekosistem aset digital dengan regulasi yang ramah dan lokasi strategisnya. Banyak perusahaan crypto seperti Huobi, OKX, Bitfinex, dan Binance telah menunjukkan minat untuk ekspansi ke wilayah ini.

Baca juga: Hong Kong dan UAE Bersatu untuk Mengatur Crypto, Seperti Apa Jadinya?

Dengan menarik lebih dari 150 perusahaan Web3 dalam setahun, Hong Kong telah menunjukkan komitmennya untuk menjadi hub global untuk teknologi blockchain dan cryptocurrency.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: