Revolusi di Dunia Saham: Hong Kong Luncurkan Platform “Synapse”, Apakah Itu?

author:

Revolusi di Dunia Saham: Hong Kong Luncurkan Platform “Synapse”, Apakah Itu?

Hong Kong Exchanges and Clearing Limited (HKEX), operator dari Bursa Saham Hong Kong, Hong Kong Futures Exchange, dan London Metal Exchange, baru-baru ini meluncurkan platform penyelesaian saham yang inovatif.

Platform ini, yang diberi nama “Synapse”, akan memanfaatkan kontrak pintar dalam bahasa pemrograman DAML untuk mempercepat aliran pasca perdagangan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Sinapsis: Platform Penyelesaian Saham Canggih

Synapse akan diterapkan pada Stock Connect, saluran HKEX yang memungkinkan investor internasional mengakses lebih dari 1.000 saham daratan China melalui rute di Hong Kong.

Baca juga: SFC Hong Kong dan Kepolisian Gabung Kekuatan untuk Awasi Platform Perdagangan Aset Virtual!

“Rata-rata omset harian dari Stock Connect Utara mencapai RMB109,3 miliar pada paruh pertama tahun 2023, naik 5 persen dari tahun sebelumnya, dan peningkatan 50 persen dari level tahun 2020,” tulis HKEX.

HKEX akan terhubung dengan Depository Trust dan Clearing Corporation Hong Kong melalui layanan Institutional Trade Processing-nya. Ini memungkinkan untuk pencocokan sentral transaksi lintas batas.

Instruksi penyelesaian kemudian secara otomatis dihasilkan dan dikirim kembali ke platform Synapse, sehingga meningkatkan aliran kerja konfirmasi perdagangan.

Hong Kong: Pusat Baru untuk Perusahaan Web3

hong kong dan crypto

Dengan persetujuan diam-diam dari pemerintah pusat China, Hong Kong telah dengan cepat mengubah dirinya menjadi pusat bagi perusahaan Web3. Peluncuran perdagangan ritel untuk bursa crypto berlisensi dilakukan pada Agustus.

Namun, skema Ponzi terbesar dalam sejarah Hong Kong juga terjadi selama periode ini, dengan dana pengguna senilai $166 juta diperkirakan telah disalahgunakan oleh bursa crypto JPEX. Penyelidikan masih berlangsung.

Baca juga: Qatar Memperkenalkan Kerangka Kerja Aset Digital, Kini Token Investasi di bawah Regulasi

Synapse: Membawa Perubahan dalam Dunia Saham

Synapse mampu secara bersamaan menciptakan instruksi penyelesaian untuk semua pihak di sepanjang rantai penyelesaian, memfasilitasi pemrosesan bersamaan, sekaligus memberikan pembaruan status hampir instan kepada semua pihak yang terlibat dalam perdagangan. Hal ini penting ketika menghubungkan pedagang di dua pasar yang berbeda.

Dengan peluncuran Synapse, HKEX membawa revolusi baru dalam dunia saham. Platform ini dijadwalkan akan diluncurkan di Hong Kong pada 9 Oktober 2023.

Melalui teknologi blockchain, Synapse diharapkan dapat membantu mempercepat proses penyelesaian saham dan mengurangi risiko penyelesaian.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: