SFC Hong Kong dan Kepolisian Gabung Kekuatan untuk Awasi Platform Perdagangan Aset Virtual!

author:

SFC Hong Kong dan Kepolisian Gabung Kekuatan untuk Awasi Platform Perdagangan Aset Virtual!

Dalam upaya memerangi aktivitas ilegal di dalam Platform Perdagangan Aset Virtual (VATPs), Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) telah mengambil langkah penting dengan berkolaborasi dengan Kepolisian Hong Kong (HKPF).

Kolaborasi ini diwujudkan dalam bentuk kelompok kerja khusus yang dibentuk setelah pertemuan tingkat tinggi antara dua organisasi tersebut pada 28 September 2023.

Meningkatkan Pengawasan atas Crypto

hong kong awasi platform perdagangan aset virtual
Sumber: CNBC

Kelompok kerja yang baru dibentuk ini terdiri dari perwakilan dari Biro Kejahatan Komersial HKPF, Biro Keamanan Siber dan Kejahatan Teknologi, Biro Intelijen Keuangan dan Investigasi, serta anggota dari Divisi Penegakan Hukum SFC dan Divisi Perantara.

Baca juga: Laporan Chainalysis: Hong Kong Memimpin Gelombang Baru Adopsi Crypto di Asia Timur!

Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk memperkuat upaya dalam mendeteksi dan menangani aktivitas ilegal di dalam VATPs. Kelompok kerja ini berfokus pada pertukaran informasi tentang aktivitas mencurigakan dan pelanggaran yang terkait dengan VATPs.

Lebih lanjut, tujuannya adalah untuk memungkinkan respon cepat terhadap ancaman yang muncul. Selain itu, kelompok ini berencana untuk menerapkan mekanisme untuk penilaian risiko, dengan menekankan pentingnya mengevaluasi risiko potensial yang ditimbulkan oleh VATPs yang mencurigakan.

Kolaborasi untuk Menguatkan Kerangka Regulasi

Tidak hanya itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam investigasi yang terkait dengan platform perdagangan aset virtual. Dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian, kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat kerangka regulasi yang mengatur VATPs.

Komisaris Asisten Polisi (Kejahatan) Eve Chung menekankan peran penting dari kolaborasi baru ini, dengan menyatakan bahwa ini akan mempercepat pertukaran intelijen penting dan respon bersama terhadap tantangan yang muncul dari VATPs, yang pada akhirnya akan meningkatkan perlindungan masyarakat umum di Hong Kong.

Baca juga: Legislator Hong Kong Tegaskan Vitalik Buterin: “Kebijakan Crypto Kami Sangat Stabil!”

Mengendalikan Setelah Kasus JPEX

masa depan JPEX
Sumber: Cool3C

SFC Hong Kong baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan langkah-langkah untuk mengatasi kekhawatiran seputar VATPs yang tidak diatur dan memperkuat perlindungan investor melalui langkah-langkah yang ditingkatkan.

Langkah ini diambil setelah kasus profil tinggi yang melibatkan bursa crypto JPEX, yang dituduh SFC telah menyesatkan investor.

Pada akhirnya, kerjasama ini merupakan langkah penting dalam memerangi aktivitas ilegal dalam sektor perdagangan aset virtual, menunjukkan dedikasi dari otoritas regulasi dan penegak hukum di Hong Kong untuk melindungi investor dan menjaga integritas lanskap keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: