Hong Kong Tunjukkan Sinyal Kuat untuk Menerima Aplikasi ETF Crypto Spot!

author:

Hong Kong Tunjukkan Sinyal Kuat untuk Menerima Aplikasi ETF Crypto Spot!

Hong Kong menunjukkan sinyal kuat dalam menerima aplikasi ETF crypto spot, sebuah langkah yang bisa mengubah peta investasi crypto global. Regulator keuangan di Hong Kong, Securities and Futures Commission (SFC) bersama dengan Hong Kong Monetary Authority (HKMA), telah mengumumkan kesiapan mereka untuk memproses aplikasi ETF crypto spot, menandai era baru bagi pasar crypto di Asia.

Regulasi Baru, Peluang Investasi Meningkat

SFC telah memberikan izin bagi penyedia layanan crypto berlisensi untuk menawarkan ETF crypto berbasis futures di Hong Kong. Namun, baru-baru ini, SFC mengindikasikan kesiapannya untuk menerima aplikasi ETF crypto spot. Ini merupakan langkah maju yang signifikan, mengingat sebelumnya regulator tersebut belum pernah mengizinkan produk serupa.

Baca juga: SFC Hong Kong Ungkap Kriteria Tokenisasi Produk Investasi, Seperti Apakah Aturannya?

“SFC dan HKMA telah meninjau kebijakan yang ada untuk perantara yang ingin terlibat dalam aktivitas terkait aset virtual. Kebijakan ini diperbarui mengingat perkembangan pasar terkini, di mana SFC telah mengesahkan ETF berjangka aset virtual dan siap menerima aplikasi untuk otorisasi dana lain dengan eksposur ke aset virtual, termasuk dana yang diperdagangkan di bursa aset virtual.” tulis Komisi Sekuritas dan Perdagangan Berjangka.

SFC menekankan bahwa perusahaan manajemen harus mengadopsi pendekatan indeksasi untuk menentukan nilai ETF crypto spot, dengan mengandalkan data volume perdagangan dari platform perdagangan crypto utama. Dalam panduan yang diperbarui, SFC mengizinkan proses berlangganan dan penebusan baik secara in-kind maupun in-cash.

Manajemen perusahaan diwajibkan untuk mentransfer crypto ke akun penyimpanan yang diotorisasi oleh SFC, baik yang disimpan secara lokal maupun di luar negeri. Hal ini menunjukkan komitmen Hong Kong untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan industri crypto, sekaligus memastikan keamanan dan transparansi dalam proses investasi.

Hong Kong sebagai Pusat Keuangan Crypto

lisensi crypto hong kong
Sumber: Crypto Rank

Berbeda dengan kebijakan China daratan yang lebih ketat terhadap perdagangan dan penambangan crypto, Hong Kong telah membuka pintu bagi perusahaan crypto dengan berbagai inisiatif.

Baca juga: Fidelity Bertemu dengan SEC untuk Membahas Spot Bitcoin ETF!

Pada Oktober 2022, Hong Kong mengeluarkan serangkaian pernyataan kebijakan tentang crypto untuk memperkuat posisinya sebagai pusat keuangan global. Pada bulan Juni, Hong Kong resmi memulai rezim lisensi crypto untuk platform perdagangan aset virtual, memungkinkan bursa berlisensi untuk menawarkan layanan perdagangan ritel.

Julia Leung, CEO SFC, menyatakan pada November bahwa regulator sedang menilai ETF crypto spot karena mereka menyambut “proposal yang menggunakan teknologi inovatif yang meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan.”

Saat ini, Hong Kong telah mencatatkan beberapa ETF berbasis futures crypto, seperti Samsung Bitcoin Futures Active ETF, CSOP Bitcoin Futures ETF, dan CSOP Ether Futures ETF.

Pada akhirnya, langkah Hong Kong dalam mengakomodasi ETF crypto spot menandakan kemajuan signifikan dalam industri crypto dan dapat menjadi model bagi pasar keuangan lainnya.

Dengan regulasi yang jelas dan dukungan pemerintah, Hong Kong berpotensi menjadi destinasi utama bagi investor yang mencari eksposur langsung pada aset crypto melalui instrumen investasi yang diatur.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: