Hong Kong Siapkan Regulasi Stablecoin pada Pertengahan 2024, Bakal Seperti Apa?

Hong Kong Siapkan Regulasi Stablecoin pada Pertengahan 2024, Bakal Seperti Apa?

Hong Kong, salah satu pusat keuangan dunia, sedang dalam tahap konsultasi kedua untuk merumuskan regulasi stablecoin. Duncan Chiu, anggota Dewan Legislatif Hong Kong, mengungkapkan bahwa kota tersebut berencana untuk merilis pedoman regulasi bagi penerbit stablecoin pada pertengahan 2024. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendekatan Progresif Hong Kong terhadap Crypto

stablecoin hongkong
Sumber: Forkast News

Dilansir dari Cryptonews, berbeda dengan pendekatan China yang lebih ketat, Hong Kong menunjukkan sikap yang lebih ramah terhadap perusahaan yang bergerak di bidang crypto. Pada bulan Juni, bursa yang memiliki lisensi diberi izin untuk menawarkan layanan perdagangan crypto.

Beberapa ahli di Hong Kong bahkan mendorong pemerintah untuk mengembangkan stablecoin sendiri, HKDG, untuk bersaing dengan stablecoin yang sudah ada seperti USDT dan USDC.

Mereka berpendapat bahwa hanya mengandalkan perusahaan swasta untuk menerbitkan stablecoin mungkin bukan pendekatan terbaik.

Baca Juga: Peran Mata Uang Digital Dalam KTT SCO 2023 dan Mahalnya Lisensi Crypto di Hongkong!

Kasus Penipuan dan Perlunya Pengawasan

Meskipun Hong Kong memiliki pendekatan yang progresif, otoritas setempat sedang menyelidiki exchange crypto JPEX karena dugaan penipuan. Delapan individu telah ditangkap, dan ada kemungkinan penangkapan lebih lanjut.

Pelanggan menghadapi masalah penarikan yang melibatkan sekitar $152 juta. Insiden ini menyoroti perlunya pengawasan yang kuat dalam industri ini untuk melindungi konsumen.

Kasus-kasus seperti ini menunjukkan bahwa meskipun industri crypto memiliki potensi besar, ada risiko yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Hong Kong Menarik Perusahaan Crypto Global dengan Panduan Crypto Terbaru!

Masa Depan Crypto di Hong Kong

masa depan crypto hongkong

Dengan pendekatan progresif terhadap regulasi kripto dan potensi pengembangan stablecoin sendiri, Hong Kong menunjukkan masa depan yang menjanjikan di industri crypto.

Namun, kasus penipuan dan penangkapan baru-baru ini menekankan pentingnya pengawasan yang kuat di industri ini.

Dengan kombinasi regulasi yang tepat dan inovasi, Hong Kong berpotensi menjadi pemimpin global dalam adopsi dan integrasi crypto.

    Hong Kong terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan industri crypto dengan pendekatan yang seimbang antara inovasi dan regulasi. Dengan regulasi stablecoin yang akan datang, kota ini berada di jalur yang tepat untuk memimpin revolusi crypto di Asia dan dunia.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: