Terobosan Baru di Hong Kong: ETF Crypto Spot Segera Hadir!

author:

Terobosan Baru di Hong Kong: ETF Crypto Spot Segera Hadir!

Hong Kong bersiap menggebrak pasar keuangan global dengan peluncuran ETF crypto spot pertamanya. Menurut Gary Tiu, direktur eksekutif OSL, bursa crypto berlisensi Hong Kong, peluncuran produk inovatif ini diperkirakan akan terjadi pertengahan tahun ini.

Langkah ini diharapkan akan membawa angin segar bagi investor dan memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat keuangan crypto.

ETF Crypto Spot: Revolusi Investasi di Hong Kong

mitos etf bitcoin
Sumber: Bitcoinist

Gary Tiu mengungkapkan bahwa OSL sedang berkomunikasi intensif dengan lima hingga sepuluh perusahaan dana yang tertarik meluncurkan ETF crypto spot. Beberapa di antaranya telah menunjukkan kemajuan yang signifikan, menjanjikan kemungkinan hadirnya ETF crypto spot pertama di Hong Kong pada pertengahan tahun ini.

Baca juga: Hong Kong Siap Jadi Pusat Crypto dengan Konferensi Bitcoin Terbesar di 2024!

Tiu menekankan pentingnya menjaga biaya transaksi tetap terjangkau, mengingat hanya ada dua bursa crypto berlisensi yang beroperasi di kota tersebut. Tiu juga menambahkan bahwa ETF crypto spot akan membawa banyak manfaat, termasuk mempromosikan pasar yang teratur untuk aset digital yang mendasarinya.

Selain itu, produk ini akan menetapkan standar perlindungan investor lokal dan mempercepat integrasi antara platform aset digital yang diatur dan lembaga keuangan tradisional. Ini merupakan langkah penting yang akan mendukung pertumbuhan industri crypto di Hong Kong.

Regulasi dan Potensi Pertumbuhan

Pada bulan Desember, Securities and Futures Commission (SFC) dan Hong Kong Monetary Authority (HKMA) telah mengumumkan peninjauan kebijakan yang ada. Mereka menerbitkan dua sirkular yang menjelaskan persyaratan untuk ETF crypto spot, dengan SFC menegaskan bahwa transaksi harus dilakukan melalui platform crypto yang berlisensi SFC atau lembaga keuangan yang berwenang.

Baca juga: Terobosan Baru di Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Spot Pertama di Hong Kong

Venture Smart Financial Holdings Ltd, perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Hong Kong, juga telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan ETF bitcoin spot dalam kuartal pertama tahun ini.

Mereka menargetkan untuk meningkatkan aset di bawah manajemen ETF hingga $500 juta pada akhir tahun. Ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan untuk produk keuangan baru ini di Hong Kong.

Dengan berbagai pengembangan yang sedang berlangsung, Hong Kong berada di jalur yang tepat untuk menjadi pemimpin dalam ruang crypto. Peluncuran ETF crypto spot tidak hanya akan memperkaya pilihan investasi di pasar, tetapi juga akan menandai era baru dalam integrasi antara teknologi keuangan dan sistem keuangan konvensional.

Investor di seluruh dunia patut menantikan kemunculan produk inovatif ini di Hong Kong.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: