Hong Kong Siap Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama, Simak Faktanya!

author:

Hong Kong Siap Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama, Simak Faktanya!

Cryptocurrency semakin populer di seluruh dunia, dan Hong Kong tidak terkecuali. Setelah Amerika Serikat menyetujui ETF Bitcoin spot pertama, Hong Kong kini bersiap untuk mengikuti jejaknya.

Baru-baru ini, Hong Kong Securities and Futures Commission (SFC) menerima aplikasi ETF Bitcoin spot pertama dari Harvest Hong Kong, salah satu manajer investasi terbesar di Tiongkok.

Langkah ini menandai babak baru dalam perkembangan cryptocurrency di Hong Kong.

Hong Kong Terima Aplikasi ETF Bitcoin Spot Pertama

Hong Kong Securities and Futures Commission (SFC) telah menerima aplikasi ETF Bitcoin spot pertama dari Harvest Hong Kong, anak perusahaan Harvest Fund Management. Aplikasi ini diajukan pada 26 Januari 2023, hanya beberapa minggu setelah Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat menyetujui ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat.

Baca juga: Investasi Berisiko Tinggi? SFC Hong Kong Soroti Program Staking Floki Inu!

Langkah ini menunjukkan keseriusan Hong Kong dalam mengembangkan pasar cryptocurrency dan menjadikannya sebagai pusat keuangan cryptocurrency global. Menurut laporan Tencent News, SFC secara aktif bekerja untuk mempercepat proses persetujuan ETF di Hong Kong.

Diharapkan ETF Bitcoin spot pertama di Hong Kong akan diluncurkan setelah Tahun Baru Imlek pada 10 Februari 2023. SFC mungkin akan mengikuti pendekatan yang sama seperti SEC AS dengan menyetujui beberapa ETF spot untuk memastikan persaingan yang sehat di pasar.

Minat Besar terhadap ETF Bitcoin Spot di Hong Kong

Selain Harvest Hong Kong, beberapa lembaga keuangan regional lainnya juga telah menyatakan minatnya untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot di Hong Kong pada tahun 2024. Perusahaan-perusahaan ini melihat potensi besar dalam pasar cryptocurrency dan ingin menjadi bagian dari pertumbuhannya.

Beberapa perusahaan crypto yang sudah ada, yang sebelumnya telah meluncurkan ETF crypto berbasis futures di Hong Kong, juga diharapkan akan mengajukan ETF Bitcoin spot. Samsung Asset Management, yang meluncurkan Samsung Bitcoin Futures ETF pada tahun 2023, menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk meluncurkan ETF spot.

Hal ini menunjukkan bahwa minat terhadap ETF Bitcoin spot di Hong Kong sangat tinggi, baik dari investor institusional maupun ritel.

Baca juga: Ripple Bersiap Luncurkan ETF XRP, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Hong Kong sebagai Pusat Keuangan Cryptocurrency

Hong Kong telah muncul sebagai salah satu tujuan cryptocurrency terkemuka di Asia berkat pendekatan pro-crypto dari regulatornya pada tahun 2023. SFC telah menciptakan regulasi khusus crypto yang memungkinkan investor institusional dan ritel untuk berpartisipasi dalam aktivitas crypto.

Bahkan sebelum SEC AS menyetujui ETF Bitcoin spot pertama, SFC Hong Kong telah membuka pintu bagi ETF berbasis crypto dan menyatakan kesiapannya untuk menerima aplikasi untuk otorisasi berbagai dana, termasuk ETF spot aset digital dan ETF futures crypto yang sudah ada.

Pada akhirnya, Hong Kong sedang bersiap untuk menjadi pusat keuangan cryptocurrency global dengan meluncurkan ETF Bitcoin spot pertama. Langkah ini akan membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi langsung pada Bitcoin dan mendapatkan eksposur ke pasar cryptocurrency yang sedang berkembang pesat.

Dengan dukungan dari regulator yang pro-crypto dan minat yang tinggi dari investor, Hong Kong memiliki potensi untuk menjadi pusat perdagangan cryptocurrency terkemuka di dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: