Hong Kong Luncurkan Sandbox Crypto dan Inisiatif Yuan Digital dalam Dorongan Web3

Hong Kong Luncurkan Sandbox Crypto dan Inisiatif Yuan Digital dalam Dorongan Web3

Hong Kong terus maju dengan sejumlah inisiatif web3, menurut Anggaran 2024-25 kota tersebut, yang dirilis pada tanggal 28 Februari. Sebagai permulaan, kota ini akan memperluas cakupan uji coba yuan digital.

Inisiatif Yuan Digital Hong Kong

Menteri Keuangan Paul Chan mengatakan masyarakat umum akan dapat membuat dompet e-CNY dan mengintegrasikannya dengan layanan pembayaran lokal. Ini adalah keunikan di Hong Kong bahwa program e-CNY daratan tampaknya mendapat lebih banyak perhatian daripada proyek mata uang digital bank sentral lokal kota yang berbasis pada dolar Hong Kong.

Baca Juga: Tether Luncurkan Alat Pemulihan untuk Migrasi USDT Antar-Blockchain

Namun demikian, Chan mengatakan fase kedua dari program percontohan untuk e-HKD akan segera dimulai. Sementara itu, fase pertama Proyek mBridge, proyek layanan pembayaran lintas batas yang diluncurkan oleh Tiongkok, Hong Kong, Uni Emirat Arab, dan Thailand, akan diluncurkan pada akhir tahun 2024.

“Ini akan menjadi salah satu proyek pertama di dunia yang menyelesaikan transaksi lintas batas untuk perusahaan menggunakan mata uang digital bank sentral,” tambah Chan.

Perkembangan Ekosistem Web3 Hong Kong

etf crypto hong kong
Sumber: Forkast News

Di tempat lain dalam anggaran, Chan membahas bagaimana ia mengusulkan dalam anggaran 2023 untuk mempercepat pengembangan ekosistem web3, dan mengatakan kota itu telah membuat “kemajuan yang baik”. Di pusat rintisan teknologi Cyberport saja, terdapat lebih dari 220 perusahaan yang berfokus pada crypto dan web3.

HKMA juga akan meluncurkan “sandbox” untuk entitas yang tertarik menerbitkan stablecoin untuk melakukan uji coba.

Hong Kong Sebagai Pusat Inovasi Web3

Dengan peluncuran sandbox crypto dan inisiatif yuan digital, Hong Kong semakin memantapkan posisinya sebagai pusat inovasi web3. Kota ini menawarkan lingkungan yang kondusif bagi perusahaan crypto dan web3 untuk berkembang, dengan dukungan pemerintah yang kuat dan infrastruktur teknologi yang maju.

Baca Juga: Koin Meme Bertema Hewan Melonjak, Mana yang Paling Unggul?

Hong Kong juga merupakan rumah bagi sejumlah universitas dan lembaga penelitian terkemuka, yang menghasilkan banyak talenta di bidang teknologi blockchain dan web3. Dengan kombinasi faktor-faktor ini, Hong Kong memiliki potensi untuk menjadi pemimpin global dalam pengembangan teknologi web3.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi